PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGUASAAN BAHAN AJAR TERHADAP KUALITS PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON

MUHAMAD NURUL HILAL, (2013) PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM PENGUASAAN BAHAN AJAR TERHADAP KUALITS PROSES PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA KECAMATAN BEBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MUHAMMAD NURUL HILAL_58410316_ok-min.pdf

Download (952kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Muhamad Nurul Hilal: NIM: 58410316 “Pengaruh Kemampuan Guru dalam Penguasaan Bahan Ajar terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon” Salah satu kemampuan guru yang harus dimiliki oleh guru adalah terkait penguasaan terhadap bahan ajar. Hal ini menjadi landasan pokok untuk ketrampilan mengajar. Sehingga diharapkan kualitas proses pembelajaran Al- Qur’an Hadits menjadi baik. Dengan demikian penulis ingin mengetahui bagaimana pengaruh kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar terhadap kualitas proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk memperoleh data tentang kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar, untuk memperoleh data tentang kualitas proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, untuk memperoleh data tentang pengaruh kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar terhadap kualitas proses pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon. Dalam penelitian ini penulis menggunakan kerangka pemikiran dengan mengacu kepada standar kompetensi guru berdasarkan UU Guru dan Dosen No. 14/ 2005 yang meliputi kompetensi kepribadian, pedagogik, profesional dan sosial. Penelitian ini penulis fokus pada kompetensi profesional dan penulis hanya membatasi pada kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar. Selanjutnya kualitas proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits, peran guru dalam mengelola proses belajar mengajar, guru sebagai sumber belajar sekaligus sebagai fasilitator dalam belajar mengajar karena dalam pembelajaran (intructional), dimana guru lebih ditekankan kepada bagaimana merancang sebagai sumber dan fasilitas peserta didik dalam mempelajari sesuatu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan perhitungan prosentase dan korelasi product moment. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data penulis dapat menarik beberapa kesimpulan yaitu: (1) kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar Al-Qur’an Hadits kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber kabupaten cirebon mencapai skor 87, 83% dalam kategori baik. (2) hasil kualitas proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon mencapai skor 86,33% dalam kategori baik. (3) hasil pengaruh kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar terhadap kualitas proses pembelajaraan siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon menunjukan angka 0,605 ini dapat diartikan bahwa korelasi antara variable X dan variable Y termasuk ke dalam kategori tinggi. Dengan demikian kemampuan guru dalam penguasaan bahan ajar memiliki pengaruh yang tinggi terhadap kualitas proses pembelajaran siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Beber Kabupaten Cirebon. “Pengaruh Kemampuan Guru dalam Penguasaan Bahan Ajar terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Kecamatan Beber Kabupaten Cirebon” ABSTRAK

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 04:36
Last Modified: 12 Jun 2017 01:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/811

Actions (login required)

View Item View Item