PERANAN KYAIHAJI BISRI IMAMDALAM PEMBIMBINGAN AKHLAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TINGKAH LAKU SANTRI USIA 12 – 20 TAHUN DI PONDOK PESANTREN MA’HAD AL-SHIGHOR GEDONGAN DESA ENDER KECAMATAN PANGENANAN KABUPATEN CIREBON

MOH ICHSANUDIN, (2013) PERANAN KYAIHAJI BISRI IMAMDALAM PEMBIMBINGAN AKHLAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TINGKAH LAKU SANTRI USIA 12 – 20 TAHUN DI PONDOK PESANTREN MA’HAD AL-SHIGHOR GEDONGAN DESA ENDER KECAMATAN PANGENANAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MOH ICHSANUDIN_58410270_ok-min.pdf

Download (585kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

MOH ICHSANUDIN (5841270): “PERANAN KYAIBISRI IMAM DALAM PEMBIMBINGAN AKHLAK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TINGKAH LAKU SANTRI USIA 12 – 20 TAHUN DI PONDOK PESANTREN MA’HAD AL-SHIGHOR GEDONGAN DESA ENDER KECAMATAN PANGENANAN KABUPATEN CIREBON”. Pesantren mempunyai peran penting dalam pembimbingan akhlak masyarakat di Indonesia sejak era walisongo khususnya hingga saat ini. Pondok pesantren adalah suatu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia, tetapi telah ikut andil dalam memberikan kontribusi yang luar biasa dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Kemampuan para lulusan pesantren dalam segi pendidikan agama rata-rata juga bisa melebihi lulusan pendidikan formal karena mereka dibimbing langsung oleh Kyai dan Ustadz, yaitu seorang ahli agama dan ahli dalam bidang lainya. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1). Mengetahui peranan Kyai Haji Bisri Imam dalam pembimbingan akhlak santri usia 12 - 20 tahun di pondok pesantren Ma‟had Al-Shighor Gedongan Desa Ender Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. 2.) Mengetahui tingkah laku santri usia 12 - 20 tahun di pondok pesantren Ma‟had Al-Shighor Gedongan Desa Ender Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. 3). Mengukur besarnya pengaruh peranan KyaiHaji Bisri Imam dalam pembimbingan akhlak dengan tingkah laku santri usia 12 - 20 tahun di pondok pesantren Ma‟had Al-Shighor Desa Ender Kecamatan Pangenan Kabupaten Cirebon. Eksistensi seorang Kyai dalam sebuah pesantren, yaitu laksana jantung bagi kehidupan manusia, karena beliaulah perintis, pendiri, pengelola, pengasuh, pemimpin dan terkadang juga pemilik tunggal sebuah pesantren. Selain itu, kontribusi yang diberikan Kyai bagi santri sangat besar terutama dalam hal membimbing akhlak. Apabila kita melihat dengan teliti, pendidikan agama yang terdapat di dalam pondok pesantren secara tidak langsung sebenarnya telah menjadi benteng bagi proses perkembangan anak, karena di dalam pondok pesantren tersebut terdapat kinerja Kyai yang dibantu oleh para ustadz senior dalam membina akhlak santri agar memilki akhlak yang baik. Penelitian ini menggunakan tehnik observasi, interview/wawancara, angket dan studi dokumentasi. Selanjutnya tehnik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus prosentase dan product moment. Hasil penelitian di pondok pesantren Ma‟had Al-Shighor Gedongan dapat disimpulkan bahwa terdapat korelasi antara variabel X dan variabel Y yang menggunakan analisa Spearman Rank sebesar 0.421 (korelasi sedang), lalu dikonfirmasikan menggunakan analisa koefisien determinasi dimana R2 x 100% ((0,4212 x 100% = 17%), jadi peranan yang dilakukan Kyai dalam pembimbingan akhlak terhadap tingkah laku santri dapat diperoleh dengan nilai prosentase sebesar 17%, maka peranan Kyai dalam pembimbingan akhlak memiliki tingkat korelasi yang positif namun tidak terlalu signifikan terhadap tingkah laku santri.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 04:44
Last Modified: 12 Jun 2017 01:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/814

Actions (login required)

View Item View Item