PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR BIDANG STUDI FIQIH SISWA KELAS VIII A MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NAHDLATUL ULAMA (NU) PUTRI 3 BUNTET PESANTREN MERTAPADA KULON KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

IZZAH, PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR BIDANG STUDI FIQIH SISWA KELAS VIII A MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NAHDLATUL ULAMA (NU) PUTRI 3 BUNTET PESANTREN MERTAPADA KULON KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IZZAH_58410351.pdf

Download (623kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

IZZAH (58410351) : “Pengaruh Kemampuan Guru dalam Mengelola Kelas terhadap Keaktifan Belajar Bidang Studi Fiqih Siswa Kelas VIII A Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Putri 3 Buntet Pesantren Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon” Kemampuan pengelolaan kelas bagi seorang guru sangat penting dalam mengajar sehingga pembelajaran dapat berjalan secara selektif dan efisien. Dengan pengelolaan kelas yang baik maka keaktifan belajar siswa akan tinggi.Swebagaimana yang penulis ketahui di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Putri 3 Buntet Pesantren Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon,bahwa guru fiqih tergolong terampil dalam mengelola kelas yang dilihat dari segi penguasaan materi, penggunaan metode, penggunaan media dan strategi belajar mengajar, namun keaktifan belajar siswa masih belum begitu tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang kemampuan pengelolaan kelas guru fiqih di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Putri 3 Buntet Pesantren Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon, untuk memperoleh data tentang keaktifan belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh kemampuan pengelolaan kelas guru fiqih terhadap keaktifan belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Putri 3 Buntet Pesantren Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Dengan adanya kemampuan guru dalam mengelola kelas merupakan salah satu faktor keberhasilan proses belajar mengajar, sedangkan inti dari kemampuan guru dalam mengelola kelas bidang studi fiqih adalah keaktifan belajar siswa yang tinggi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Putri 3 Buntet Pesantren Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 210 siswa dan 1 guru fiqih Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Putri 3 Buntet Pesantren Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Karena populasinya lebih dari 100,sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII A yang berjumlah 47 siswa, metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawncara, dokumentasi dan angket. Kesimpulan penelitian, bahwa Kamampuan Pengelolaan Kelas Guru Fiqih di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Putri 3 Buntet Pesantren Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon tergolong baik, hal ini terlihat dari hasil yang diperoleh sebesar 91 %, Karena berada pada rentangan prosentase keberpengaruhan 75 % - 100%. Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Putri 3 Buntet Pesantren Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon tergolong cukup baik dengan perolehan prosentase sebesar 72 %, karena berada pada rentangan prosentase keberpengaruhan 55 % - 74,99 %. Pengaruh Kamampuan Pengelolaan Kelas Guru Fiqih terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nahdlatul Ulama (NU) Putri 3 Buntet Pesantren Mertapada Kulon Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon sebesar 8,41%, Selanjutnya sisanya yaitu 91,59% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 05:02
Last Modified: 12 Jun 2017 06:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/818

Actions (login required)

View Item View Item