PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP PENGUASAAN SISWA PADA MATERI MAWARIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI MA PUI CILIMUS KUNINGAN

ISTIKOMAH, PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF LEARNING TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP PENGUASAAN SISWA PADA MATERI MAWARIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI MA PUI CILIMUS KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ISTIKOMAH_58410374_ok.pdf

Download (622kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Istikomah: “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Learning (58410374) Tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap Penguasaan Siswa pada Materi Mawaris Penelitian Tindakan Kelas di MA PUI Cilimus Kuningan.” Berdasarkan penelitian awal yang penulis lakukan ada beberapa kendala terhadap siswa kesulitan pada mata pelajaran fiqih mawaris yaitu kesulitan siswa dalam menghitung pembagian hak waris dan kurang efektifnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Oleh sebab itu perlunya metode pembelajaran yang efektif sehingga siswa lebih terampil dan meningkatnya penguasaan siswa terhadap materi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan proses pembelajaran materi fiqih mawaris dengan menggunakan metode kooperatif learning tipe STAD, untuk mengetahui penguasaan siswa, untuk mengetahui pengaruh metode kooperatif learning tipe STAD terhadap penguasaan siswa pada materi fiqih mawaris di Madrasah Aliyah (MA) PUI Cilimus Kabupaten Kuningan. Penelitian ini dilandasi dengan diterapkan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD ( student team achievement division) pada mata pelajaran fiqih mawaris di duga dapat meningkatkan terhadap penguasaan siswa pada materi mawaris dalam mata pelajaran fiqih di kelas XII Madrasah Aliyah (MA) PUI Cilimus Kabupaten Kuningan. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah model PTK berbentuk sebuah siklus. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MA PUI Cilimus Kabupaten Kuningan berjumlah 20 siswa sampel total. Teknik Pengumpulan Data: Tes, Observasi, Angket dan Wawancara. Pengolahan hasil tesmelalui cara penyekoran, Pengolahan data hasil observasi menggunakan skala penilaian dengan rentang nilai dalam bentuk angka, Pengolahan data hasil wawancara diolah dengan menggunakan analisis deskriptif sesuai dimensi-dimensi jawaban.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:24
Last Modified: 12 Jun 2017 06:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item