PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 16 KOTA CIREBON

IRENT DIAS DEVO PERDANA PUTRA, PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 16 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
IRENT DIAS DEVO PERDANA PUTRA_07410016.pdf

Download (853kB) | Preview

Abstract

IRENT DIAS DEVO PERDANA PUTRA NIM : 07410016 “ Pengaruh Professionalisme Guru terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) di Sekolah Menengah Pertama (SMP ) Negeri 16 Kota Cirebon “. Professionalisme merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan qualitas pendidikan di suatu bangsa, hal tersebut diyakini, bahwa bangsa yang maju merupakan bangsa yang pada setiap warganya, mendapatkan serta dalam tingkah lakunya mencerminkan pribadi yang terdidik, dan untuk mewujudkan hal tersebut sangat diperlukan tenaga pengajar yang extra atau menguasai bidangnya. Untuk itulah kami mengambil langkah praktis untuk membenahi masalah pendidikan ( khususnya ) lebih menitik beratkan pada syarat yang wajib di penuhi oleh setiap tenaga pengajar, dalam kasus ini Guru. Penelitian dilakukan dalam rangka atau bertujuan untuk memperoleh data tentang kompetensi guru dan prestasi belajar siswa serta pengaruh kompetensi guru Pendidikan Agama Islam ( PAI ) kelas VIII (delapan) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 16 Kota Cirebon terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Jika kita melihat arti dari pada Professionalisme guru, menurut Barlow ( 1985 : dalam Syah, 2000 : 230 ), merupakan Professionalisme guru merupakan kemampuan seorang guru dalam melaksanakan kewajiban-kewajibannya secara langsung dan layak, dan harus memenuhi 4 standar kompetensi seorang guru, antara lain : a. Kompetensi Pedagogik b. Kompetensi Kepribadian c. Kompetensi Professional d. Kompetensi Sosial Oleh karena itu kami, selaku penulis, selayaknya akan meneliti dan menelaah sejauh mana, besarnya pengaruh keprofessionalismean seorang guru, dengan melakuan penelitian , dengan menggunakan beberapa langkah – langkah antara lain, teknik angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengaruh professionalisme guru Pendidikan Agama Islam ( PAI ) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 16 Negeri Kota Cirebon terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori lemah, yaitu sekitar 39,30 %, karena berada pada interval 0,20 – 0,40. Hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 16 Kota Cirebon, yaitu pada kategori cukup karena 50% siswa kelas VIII (delapan) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sudah memperoleh nilai 7,0 sesuai dengan standar ketuntasan minimum.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:26
Last Modified: 12 Jun 2017 06:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item