USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PROSES BELAJARMENGAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) WAHIDIN KOTA CIREBON

IIS AISAH, (2013) USAHA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN GURU MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PENGARUHNYA TERHADAP PENINGKATAN PROSES BELAJARMENGAJAR BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS VII DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) WAHIDIN KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IIS AISAH_58410349_ok.pdf

Download (909kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

IIS AISAH : “Usaha Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Pengetahuan dan 58410349 Keterampilan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam PAI) Pengaruhnya terhadap Peningkatan Proses Belajar Mengajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Wahidin Kota Cirebon”. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis di SMP Wahidin Kota Cirebon, bahwa usaha-usaha yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru, khususnya guru Pendidikan Agama Islam, yaitu dengan mengadakan in house training, seminar, workshop, perkunjugan kelas dan lainnya, dan hasilnya belum dikatakan maksimal karena perlu adanya bantuan guru-guru dan pegawai sekolah lainnya, sehingga dari usaha-usaha yang dilakukan dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dapat berpengaruh terhadap peningkatan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dan mengetahui kualitas pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki guru Pendidikan Agama Islam (PAI), mengetahui pengaruh antara usaha-usaha Kepala Sekolah dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap proses belajar mengajar bidang studi PAI kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Wahidin Kota Cirebon. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa sebagai seorang pendidik, guru harus memiliki keterampilan dasar mengajar seta pemahaman dan pengetahuan yang luas dalam pengajaran. Dia tidak cukup hanya menguasai pengetahuan spesialisasinya saja, akan tetapi pengalaman dan pengetahuan umum perlu juga dipahami. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik-teknik sebagai berikut: wawancara, observasi, angket dan studi pustaka. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan rumus korelasi product moment. Kesimpulan dari hasil penelitian membuktikan bahwa usaha yang dilakukan Kepala Sekolah dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru, khususnya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), diperoleh prosentase sebesar 91 %. Berarti usaha-usaha yang dilakukan Kepala Sekolah, seperti in house training, seminar, workshop, penataran, perkunjungan/observasi kelas dan sebagainya dapat meningkatkan sumber daya guru yang lebih baik. Peningkatan proses belajar mengajar siswa kelas VII SMP Wahidin Kota Cirebon sebagai pengaruh dari kualitas pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki guru PAI mencapai kategori baik, dilihat dari hasil perhitungan yaitu sebesar 91 %. Pengaruh antara usaha Kepala Sekolah dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru-guru, khususnya guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap peningkatan proses belajar mengajar, diperoleh �� sebesar 0,69 (sedang/cukup).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:29
Last Modified: 07 Jun 2017 06:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item