PENERAPAN STRATEGI EKSPOSITION DALAM PEMBELAJARANAL-QUR’AN HADITS HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ARIFIN BILLAH DESA KARANGSARI KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON

IIN INAYAH, (2013) PENERAPAN STRATEGI EKSPOSITION DALAM PEMBELAJARANAL-QUR’AN HADITS HUBUNGANNYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS VIII MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ARIFIN BILLAH DESA KARANGSARI KECAMATAN WERU KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IIN INAYAH_58410281_ok-min.pdf

Download (809kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

IIN INAYAH, NIM: 58410281, “ Penerapan Strategi Eksposition dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Hubungannya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah (MTs) Arifin Billah Desa Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon”. Guru sebagai pendidik senantiasa melakukan usaha-usaha untuk dapat menumbuhkan dan memberikan motivasi agar anak didiknya melakukan aktivitas belajar dengan baik. Hal ini berkaitan dengan kenyataan di lapangan, ketika proses pembelajaran Al-Qur’an Hadits berlangsung masih ada peserta didik yang tidak membawa alat-alat pembelajaran dan banyak peserta didik yang ngantuk dan kurang bergairah pada saat proses pembelajaran, adanya peserta didik yang ribut di kelas. Kenyataan tersebut menuntut sikap guru dalam mendidik siswa siswinya dengan menggunakan strategi yang variatif yakni dengan strategi eksposition dan menggunakan strategi yang lainnya, sehingga siswa-siswi tidak merasa jenuh dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penerapan strategi eksposition dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits, motivasi belajar siswa dan keterkaitan antara strategi eksposition dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan motivasi belajar siswa. Sebagai kerangka pemikiran membahas tentang Penerapan strategi eksposition dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Strategi eksposition dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits diarahkan untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman dan motivasi belajar siswa, sehingga siswa terdorong untuk belajar dengan lebih semangat. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara, yaitu pendekatan logika untuk menganalisis data kualitatif dan rumus Product Moment untuk mengolah data kuantitatif. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi ekspositori dalam bidang studi Al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Arifin Billah Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon termasuk dalam kriteria yang cukup, dengan perolehan 58%. Adapun motivasi belajar siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs Arifin Billah Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon termasuk dalam kriteria yang cukup pula, dengan perolehan rata-rata nilai 57%. Jadi, ada hubungan yang berarti (signifikan) antara strategi eksposition dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dengan motivasi belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Arifin Billah Desa Karangsari Kecamatan Weru Kabupaten Cirebon. Dengan demikian, maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:34
Last Modified: 07 Jun 2017 06:36
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/823

Actions (login required)

View Item View Item