PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL’ULUM SILEBU KECAMATAN PANCALANG KABUPATEN KUNINGAN

Ii Muinun, (2013) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN FIQIH SISWA KELAS VII MADRASAH TSANAWIYAH MANBA’UL’ULUM SILEBU KECAMATAN PANCALANG KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
II MUINUN_58410305.pdf

Download (869kB) | Preview

Abstract

Ii Muinun : Pengaruh Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Manba’ul’ulum Silebu Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan Penelitian ini bertolak dari perolehan data wawancara bahwa kreativitas guru mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Manba’ul’ulum dalam proses pembelajaran dinilai cukup baik namun sebagian besar siswa masih terlihat kurangnya minat siswa untuk belajar khususnya pada mata pelajaran fiqih. siswa sendiri merasa tidak begitu tertarik dengan mata pelajaran fiqih seakan-akan hanya untuk memenuhi paket mata pelajaran yang harus dipenuhi, siswa tidak mengerti dan menyadari mengenai pentingnya mempelajari fiqih... Jadi masalah dalam penelitian ini adalah sejauh mana pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran mata pelajaran fiqih terhadap minat belajar siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Manba’ul’ulum Silebu Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru dalam proses pembelajaran serta untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih dan seberapa besar pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih kelas VII Madrasah Tsanawiyah Manba’ul’ulum Silebu. Dalam kerangka pemikiran, Kreativitas guru dalam proses pembelajaran sangat diperlukan karena Para guru dipandang sebagai orang yang paling mengetahui kondisi belajar dan permasalahan belajar yang dihadapi oleh para siswanya karena hampir setiap hari berhadapan dengan mereka. Seorang guru dituntut untuk menjadi guru yang kreatif dalam suatu proses pembelajaran sehingga dengan adanya kerativitas dari seorang guru akan menumbuhkan minat belajar siswa yang tinggi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah malalui pendekatan empirik dengan malakukan studi lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan tekhnik wawancara, observasi, studi dokumentasi dan penyebaran angket kepada siswa yang dijadikan sampel sebanyak 20% dari jumlah seluruh siswa kelas VII yaitu 122 siswa dengan menggunakan teknik sampel random. Kemudian data-data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan untuk mengetahui pengaruh antara variabel X dan variabel Y, maka digunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa: kreativitas guru mata pelajaran fiqih dalam proses pembelajaran tergolong baik, terbukti dari hasil angket yang menunjukkan nilai 61,6% (baik), minat belajar siswa kelas VII MTs Manba’ul’ulum tergolong baik, terbukti dari hasil angket yang menunjukkan nilai 70,5% (baik). Dan adapun pengaruh kreativitas guru dalam pembelajaran terhadap minat belajar pada mata pelajaran fiqih siswa kelas VII MTs Manba’ul’ulum Silebu menunjukkan adanya korelasi yang positif. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan dengan nilai korelasi sebesar 0,37 pada standar penelitian product moment berada pada rentang 0.200-0.400 dengan kategori korelasi rendah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:37
Last Modified: 23 Aug 2021 15:32
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/824

Actions (login required)

View Item View Item