PENGARUH PENDIDIKAN AGAMADALAM KELUARGA TERHADAP KOMPETENSI MURID PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN2 PEJAMBON KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON

FAQIH FUDIN, PENGARUH PENDIDIKAN AGAMADALAM KELUARGA TERHADAP KOMPETENSI MURID PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN2 PEJAMBON KECAMATAN SUMBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
FAQIH FUDIN_14101120019_ok.pdf

Download (746kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

FAQIH FUDIN: Pengaruh Pendidikan Agama dalam Keluarga Terhadap Kompetensi Murid padaMata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 2 Pejambon Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon Pendidikan agama dalam keluarga ternyata belum dapat menjamin kompetensi seorang murid dalam mata pelajaran PAI di SDN 2 Pejambon kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon menjadi baik. Keluarga diharapakan mampu memberikan pengaruh yang signifikan yang baik terhadap perkembangan kompetensi murid dalam pelajaran PAI karena keluarga merupakan tempat pertama seorang anak mendapat pendidikan agama Islam. Namun kenyataannya keluarga pengaruhnya tidak seberapa terhadp kualitas baik atau tidaknya kompetensi seorang murid dalam mata pelajaran PAI di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang sejauh mana pelaksanaan pendidikan agama Islam di lingkungan keluarga murid, mengetahui data tentang perilaku keseharian murid dan untuk memperoleh data tentang pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kompetensi murid pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SD Negeri 2 Pejambon. Kerangka pemikiran membahas tentang keluarga adalah lingkungan pertama bagi anak dan orang tua sangat berperan penting dalam pembentukan karakteristik anak serta pengaruh orang tua dalam perkembangan anak.Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan penyebaran angket. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif yaitu teknik analisis data statistik jenis prosentase. Hasil penelitian ini adalah pendidikan agama dalam lingkungan keluarga murid SD Negeri 2 Pejambon kecamatan Sumber kabupaten Cirebon 60,63 % itu dikategorikan Cukup karena lebih dari setengahnya. Sedangkan pada perilaku keseharian murid SD Negeri 2 Pejambon kecamatan Sumber kabupaten Cirebon 56, 25 % itu dikategorikan Cukup. Sementara itu, untuk pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kompetensi murid pada mata pelajaran PAI di SDN 2 Pejambon kecamatan Sumber kabupaten Cirebon dengan variabel X dan variabel Y sebesar (0,01%) yang mengisyaratkan bahwa pengaruh pendidikan agama dalam keluarga terhadap kompetensi murid pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 2 Pejambon kecamatan Sumber kabupaten Cirebon ternyata sangat rendah sekali hanya 0,01%, dan kompetensi murid pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SDN 2 Pejambon kecamatan Sumber kabupaten Cirebon tidak semata-mata dipengaruhi oleh pendidikan agama dalam keluarga. Tetapi dari pengaruh-pengaruh lain yang sisanya sebesar (99,99%) dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang perlu diteliti dalam meningkatkan kualitas kompetensi siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:41
Last Modified: 12 Jun 2017 06:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/826

Actions (login required)

View Item View Item