PEMBELAJARAN TATA CARA SHALAT BERJAMA’AH DENGAN MENGGUNAKAN AUDIOVISUAL (VIDEO) DAN HASILHASILNYA BAGI PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTEK SHALAT SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM TERPADU TARBIYATUL BANIN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Erma Marliyanti S., (2013) PEMBELAJARAN TATA CARA SHALAT BERJAMA’AH DENGAN MENGGUNAKAN AUDIOVISUAL (VIDEO) DAN HASILHASILNYA BAGI PENINGKATAN KEMAMPUAN PRAKTEK SHALAT SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) ISLAM TERPADU TARBIYATUL BANIN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ERMA MARLIYANTI SA'DIYAH_58410345_ok-min.pdf

Download (730kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Erma Marliyanti S. :” Pembelajaran Tata Cara Shalat Berjama’ah dengan Penggunaan Audiovisual dan Hasil-hasilnya bagi Peningkatan Kemampuan Praktek Shalat Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Tarbiyatul Banin Dukupuntang Kabupaten Cirebon” Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis di SMP Islam Terpadu Tarbiyatul Banin Dukupuntang Kabupaten Cirebon, bahwasannya Guru bidang studi PAI dalam pengajarannya sudah menggunakan media pembelajaran sebagi alat bantu dalam proses belajara mengajar yaitu dengan menggunakan media audiovisual. Namun hasilnya masih kurang maksimal. Hal itu terlihat masih adanya siswa yang belum ada peninggkatan terhadap shalat siswa. Jadi, masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh pembelajaran menggunakan media audiovisual (video) pada tata cara shlat berjama’ah yang dapat memungkinkan peserta didik meningkatkan kemampuan praktek shalat berjama’ah siswa atau sebaliknya tidak ada pengaruhnya terhadap peningkatan kemampuan praktek shalat berjama’ah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang penggunaan media audiovisual(video) pada pembelajaran tata cara shalat berjama’ah, kemudian bagaimana pencapaian peningkatan kemampuan praktek shalat berjama’ah siswa, dan bagaimana pengaruh penggunaan media audiovisual (video) terhadap peningkatan kemampuan praktek shalat berjama’ah siswa kelas VII di SMP Islam Terpadu Tarbiyatul Banin Dukupuntang Kabupaten Cirebon. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa media video pembelajaran mampu menyajikan pesan pembelajaran yang kreatif dan inovatif bagi siswa. Video merupakan media audiovisual yang dapat memvisualisasikan sesuatu dengan nyata. Penggunaan media video dalam pembelajaran merupakan sesuatu yang baru bagi siswa sehingga dapat menarik minat siswa dan siswa menjadi termotivasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik-teknik sebagai berikut: wawancara, observasi, angket, studi dokumentasi dan studi pustaka. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan rumus regresi linier sederhana. Kesimpulan dari hasil penelitian membuktikan bahwa tanggapan responden tentang penggunaan media audiovisual sebesar 36,7% dan praktek shalat berjama’ah siswa sudah mencapai kategori baik karena siswa berada pada rata-rata 85. Adapun hasil perhitungan pengaruh X dan Y menunjukkan F hitung lebih kecil dari F table atau -1,695<1,131 maka Ha ditolak dan Ho diterima artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran tata cara shalat berjama’ah dengan penggunaan media audiovisual (video) terhadap kemampuan praktek shalat berjama’ah siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu Tarbiyatul Banin Dukupuntanmg Kabupaten Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:43
Last Modified: 07 Jun 2017 06:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item