PENGARUH KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI )TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V111 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ( SMP ) NEGERI 2 ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON

DEWI MAILIAWATI, (2013) PENGARUH KETELADANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM ( PAI )TERHADAP KEDISIPLINAN SISWA KELAS V111 SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ( SMP ) NEGERI 2 ARJAWINANGUN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
DEWI MAILIAWATI_07410129_ok-min.pdf

Download (723kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

DEWI MAILIAWATI : NIM : 07410129 Pengaruh Keteladanan Guru Pendidikan Agama Islam ( PAI ) terhadap kedisiplinan siswa Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) 2 Arjawinangun Kabupaten Cirebon Keteladanan adalah sesuatu yang patut dicontoh karena kebaikannya, misalnya guru berpakaian rapih di sekolah, tepat waktu datang ke sekolah, melaksanakan sholat 5 waktu , lemah lembut dalam berbicara. Apabila seorang pendidik mendasarkan kepada keteladanan, maka konsekuensinya ia harus memberikan teladan kepada para peserta didiknya dengan berusaha mencontoh dan meneladani Rasulullah Muhammad SAW. Sebagai teladan, tentu saja pribadi dan apa yang dilakukan pendidik akan mendapat sorotan peserta didik dan orang di sekitar lingkungannya yang menganggap atau mengakuinya sebagai guru. Guru PAI di SMP 2 Arjawinangun sudah meberikan contoh keteladanan, namun masih ada siswa yang tidak meneladaninya, seperti berpakaian tidak rapih, berangkat sekolah tidak tepat waktu, ketrika waktu shalat dzuhur berjama’ah dimulai siswa hanya duduk-duduk di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai tentang bentuk-bentuk keteladanan yang diberikan oleh guru bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI)dalam kegiatan belajar mengajar di SMPN 2 Arjawinangun, untuk memperoleh data mengenai kedisiplinan siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 2 Arjawinangun, Untuk memperoleh data tentang pengaruh keteladanan guru bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap kedisiplinan siswa di SMPN 2 Arjawinangun Kabupaten Cirebon. Dalam pendekatatan penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan quantitative yang artinya adalah data yang diperoleh di lapangan kemudian di analisi dengan menggunakan statistika. Metode yang diguakan penulis adalah teknik pengumpulan data observasi, interview, dokumentasi dan penyebaran agket, dengan populasi 43 orang siswa. Kemudian data yang terkumpul di analisis dengan menggunakan pendekatan statistik dengan perhitungan prosentas, korelasi product moment. Dari perhitungan diperoleh

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 06:58
Last Modified: 07 Jun 2017 05:02
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/832

Actions (login required)

View Item View Item