KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGGUNAKAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES

AYU PURWANTI, (2013) KEMAMPUAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DALAM MENGGUNAKAN PENILAIAN BERBASIS KELAS PENGARUHNYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AYU PURWANTI_58410292_ok-min.pdf

Download (722kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

AYU PURWANTI, NIM: 58410292, “Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Menggunakan Penilaian Berbasis Kelas Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes. Guru menurut yang kita kenal sehari-hari adalah merupakan orang yang harus digugu lan ditiru, dalam arti orang yang memiliki kharismatik atau wibawa hingga perlu untuk ditiru dan diteladani dan memiliki kompetensi yang dapat menunjang dalam proses pembelajaran. Kompetensi tersebut diantaranya yaitu kompetensi pedagogik, salah satu indikatornya yaitu seorang guru harus mampu mengevaluasi hasil pembelajaran siswa. Dalam pelaksanaanya banyak jenis evaluasi yang dapat dilakukan diantaranya penilaian berbasis kelas, tes kemampuan dasar, penilaian program dan portofolio. Namun kenyataan dilapangan seringkali guru menganggap penilaian hanya sebatas untuk menggugurkan tanggung jawabnya yaitu hanya sebatas menyampaikan dan mentransfer ilmunya saja. Tujuan penelitian ini: untuk memperoleh data tentang kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan penilaian berbasis kelas, untuk memperoleh data tentang prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam, untuk memperoleh data tentang pengaruh kompetensi guru PAI dalam menggunakan penilaian berbasis kelas dengan prestasi belajar siswa. Dalam pembelajaran evaluasi merupakan alat yang dapat dijadikan sebagai umpan balik bagi guru, dengan evaluasi guru bisa mengidentifikasi kemampuan siswa dalam memahami materi yang sudah diberikan dan dapat dijadikan sebagai acuan untuk memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, angket dan studi dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus prosentase dan korelasi product moment. Kesimpulan penelitian, bahwa Kamampuan Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menggunakan penilaian berbasis kelas siswa kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Berebes termasuk dalam kriteria baik, indikasinya guru membahas soal-soal yang sulit setelah diadakan ulanga terbukti dengan perolehan nilai sebesar 77% ( sebagian besar). Sedangkan untuk Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Berebes termasuk dalam kriteria baik, terbukti hal ini dari perolehan nilai 79-80 sebanyak 37,5% . Jadi dapat disimpulkan bahwa antara keduanya terdapat hubungan, terbukti dengan perolehan rhitung sebesar 0,12 yang berarti bahwa variabel X memiliki pengaruh yang sangat rendah terhadap variabel Y. Hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak karena besarnya rhitung yang diperoleh 0,435 sedangkan rtabel = 0,334. Jadi dapat disimpulkan keduannya memiliki hubungan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 07:01
Last Modified: 07 Jun 2017 04:40
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/833

Actions (login required)

View Item View Item