PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (FILM) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 7 KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN

ATI DARYATI, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (FILM) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 7 KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ATI DARYATI_58410334_ok-min.pdf

Download (680kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

ATI DARYATI : PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL (FILM) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) TERHADAP HASIL BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH NABI MUHAMMAD SAW SISWA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 7 KUNINGAN KABUPATEN KUNINGAN Keterampilan dalam proses belajar mengajar yang mengarah pada kemampuan mental fifsik dan sosial yang mendasar sebagai penggerak kemampuan yang lebih tinggi dalam diri setiap individu siswa. Proses belajar mengajar yang didapat siswa agar bermanfaat dan membangun akhlak yang mulia dan nilai yang lebih baik dengan mencontoh suri tauladan kita yaitu kanjeng Nabi Muhammad SAW. Dalam keterampilan proses belajar mengajar ini peneliti menggunakan media audio visual (film) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap hasil belajar dalam pembelajaran Sejarah Nabi Muhammad Saw pada kelas VII di SMP Negeri 7 Kuningan kabupaten Kuningan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media audio visual (film) sangat dinilai penting bagi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media audio visual (film) terhadap hasil belajar siswa. Dalam kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah bahwa penggunaan media audio visual ini dalam proses pembelajaran PAI sangat dinilai penting bagi peningkatan hasil belajar siswa di SMP Negeri 7 Kuningan kabupaten Kuningan. Metode yang menggunakan media audio visual dapat meningkatkan proses dalam pembelajaran siswa. Maka, dampak akan terlihat dengan bagaimana tercapainya hasil belajar yang dicapai oleh siswa. Variabel dalam penelitian ini tergambarkan pada penggunaan media audio visual (film) sebagai variabel bebas (X) dan hasil belajar siswa sebagai variabel (Y). Pengumpulan data ini menggunakan teknik; observasi, wawancara, angket, kajian pustaka, dan tes. Kemudian data dianalisis dengan rumusan regresi sederhana, product momen, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian, jumlah skor rata-rata jawaban angket tentang penggunaan media audio visual (film) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diperoleh angka sebesar (78%) sedangkan hasil belajar dalam pembelajaran Sejarah Nabi Muhammad Saw diperoleh nilai rata-rata (79%) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual (film) terhadap hasil belajar dalam pembelajaran Sejarah Nabi Muhammad Saw terdapat korelasi yang cukup signifikan dengan kategori sedang yaitu (0,59).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 07:05
Last Modified: 07 Jun 2017 04:39
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/834

Actions (login required)

View Item View Item