HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM TERPADU KH. ABDURRAHMAN MAHMUD MERTAPADAWETAN KEC. ASTANAJAPURA KAB. CIREBON

AHMAD SYAUQI, HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM TERPADU KH. ABDURRAHMAN MAHMUD MERTAPADAWETAN KEC. ASTANAJAPURA KAB. CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AHMAD SYAUQI_06410230_ok.pdf

Download (852kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Ahmad Syauqi (NIM: 06410230) : ‘’Hubungan Kecerdasan Emosi dengan Prestasi Belajar Siswa dalam Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SD Islam Terpadu KH. Abdurrahman Mahmud Mertapadawetan Kec. Astanajapura Kab. Cirebon’’. Sebagian besar orang berpendapat bahwa untuk memperoleh prestasi belajar yang tinggi diperlukan kecerdasan intelektual yang tinggi pula. Namun berdasarkan hasil penelitian ahli psikologi, kecerdasan emosi memiliki peranan yang tidak kalah penting dalam memperoleh prestasi belajar yang tinggi, dimana emosi seorang siswa terutama siswa usia Sekolah Dasar (SD) umumnya sangat dipengaruhi oleh faktor bawaan dan faktor lingkungan, karena kecerdasan emosi mampu untuk mengatur konsentrasi anak ketika belajar, yang selanjutnya diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar anak. Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosi siswa, prestasi belajar siswa dalam bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan mengetahui hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar siswa di SD Islam Terpadu KH. Abdurrahman Mahmud Mertapadawetan Kec. Astanajapura Kab. Cirebon. Penelitian ini berdasarkan kerangka pemikiran bahwa kualitas manusia sebagai makhluk multi dimensional memiliki kekuatan intelektual, kepekaan sosial dan kesadaran transendensi yang sangat ditentukan oleh proses pendidikannya yang pada gilirannya akan mengantarkan manusia pada keberhasilan untuk menjalani kehidupannya sebagai khalifah Allah SWT di mana pembelajaran ini terdapat dalam mata pelajaran PAI mulai dari tingkat pendidikan SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan teknik yang digunakan adalah teknik angket serta dengan menganalisis data primer dan sekunder. Sample penelitian diambil dari 44 siswa SD Islam Terpadu K.H. Abdurrahman Mahmud. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis dengan menggunakan rumus prosentase dan rumus koefisien korelasi product moment. Kesimpulan: 1. Tingkat kecerdasan emosi siswa SD Islam Terpadu KH. Abdurrahman Mahmud Mertapadawetan Kec. Astanajapura Kab. Cirebon adalah 51,05 (Tinkat sedang (36-55)). 2. Prestasi belajar siswa dalam bidang studi PAI di SD Islam Terpadu KH. Abdurrahman Mahmud Mertapaawetan Kec. Astanajapura Kab. Cirebon termasuk kategori baik (78,70) (KKM 75). 3. Hubungan kecerdasan emosi dengan prestasi belajar siswa dalam bidang studi PAI di SD Islam Terpadu KH. Abdurrahman Mahmud Mertapadawetan Kec. Astanajapura Kab. Cirebon adalah sebesar 0,405 dan berada dalam korelasi sedang atau cukup (0,40-0,70).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 07:11
Last Modified: 12 Jun 2017 06:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/837

Actions (login required)

View Item View Item