OPTIMALISASI PERANAN PROGRAM MENTORING KEAGAMAAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT KEMATANGAN BERAGAMA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI ( MAN ) 2 KOTA CIREBON

ABDULAH APRILIYANTO, (2013) OPTIMALISASI PERANAN PROGRAM MENTORING KEAGAMAAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP TINGKAT KEMATANGAN BERAGAMA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI ( MAN ) 2 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ABDULLAH APRILIYANTO_58410386_ok-min.pdf

Download (671kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

ABDULAH APRILIYANTO : Optimalisasi Peranan Program Mentoring NIM. 58410386 Keagamaan dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kematangan Beragama Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Kota Cirebon Berdasarkan studi pada pendahuluan di Madrasah Aliyah Negeri( MAN ) 2 Kota Cirebon. Sebagian siswanya masih adanya tindakan kenakalan, seperti bicara yang kurang baik pada guru, ataupun pada temannya, membolos, merokok disekolah, dan tindakan negatif lainnya, padahal disekolah banyak materi agama yang diajarkan seperti Aqidah Akhlaq, Fiqih, SKI, Quran Hadist, Namun bidang study keagamaan disekolah belum bisa mencetak karakter serta sikap kepribadian siswa dengan akhlaq mulia, sehingga dari permasalahan itu, Adanya perhatian dari para alumni dan para mentor untuk membentuk kegiatan pembinaan mentoring keagamaan di luar pembelajaran sekolah. Pembinaan ini adalah untuk membentuk sikap, karakter, akhlaq yang baik, implementasi dari pemahaman keagamaan, serta kematangan dalam beragama kuat, namun pada kenyataannya dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemauan serta minat pada siswa dalam kegiatan pembinaan mentoring keagamaan padahal sudah terbentuk berjalan rutin tetapi belum optimal dalam pelaksanaannya, penelitian ini juga adalah untuk mengetahui seberapa besar korelasi antara kegiatan pembinaan mentoring keagamaan terhadap tingkat kematangan beragama pada siswa Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang optimalisasi kegiatan pembinaan mentoring keagamaan dan kematangan dalam beragama, Penelitian ini berdasarkan dari kerangka pemikiran bahwa dalam pembinaan kegiatan mentoring keagamaan di Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Kota Cirebon, bertujuan untuk memberikan pengertian, pemahaman, penghayatan keagamaan, mengimplementasikan hasil materi keagamaan, dengan kematangan beragama, sehingga dapat menanamkan nilai- nilai ajaran agama dalam kehidupan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik-tekhnik observasi, wawancara, angket, study dokumentasi, studi kepustakaan selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan rumus presentasi dan product moment. Hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa optimalisasi kegiatan pembinaan mentoring keagamaan pada siswa di Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Kota Cirebon dengan hasil rata- rata ( 74,18 ) tergolong Cukup baik, kematangan beragama pada siswa Madrasah Aliyah Negeri ( MAN ) 2 Kota Cirebon dengan hasil rata-rata prosentase ( 74,80 ) tergolong Cukup baik. dan Korelasi antara kegiatan Mentoring Keagamaan dengan Kematangan Beragama mempunyai korelasi sangat tinggi karena korelasi ini menunjukan angka ( 0,98 ) yang berada pada interval 0,90 s / d 1,00.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 07:17
Last Modified: 07 Jun 2017 04:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item View Item