HUBUNGAN SUPERVISOR PENDIDIKAN DENGAN ETOS KERJA GURU DI MTs NURUL HUDA MUNJUL KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

ZAKI MUBAROK, (2013) HUBUNGAN SUPERVISOR PENDIDIKAN DENGAN ETOS KERJA GURU DI MTs NURUL HUDA MUNJUL KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
ZAKI MUBAROK_59440975_ok.pdf

Download (995kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

ZAKI MUBAROK, Hubungan Supervisor Pendidikan dengan Etos Kerja Guru di MTs Nurul Huda Munjul Kecamatan Astanajapura Kabupaten Cirebon. Kepala sekolah haruslah memiliki kemampuan memimpin para guru sehingga mereka bekerja dengan sukarela mengikuti gagasan atau kehendaknya,dengan kepemimpinan kepala sekolah, perilaku guru dapat diarahkan produktifitas kerja yang tinggi untuk mencapai tujuan organisasi. Dan peningkatan etos kerja guru harus dibarengi dengan perhatian dari kepala sekolah dalam peningkatan etos kerjanya agar dalam proses mengajar berjalan dengan baik.dinamika kepemimpinan kepala sekolah sudah menunjukan kepemimpinan yang baik,kepala sekolah yang selalu mengajak guru untuk bertanggung jawab dalam melaksanakan dan merencanakan berbagai kegiatan, Namun disisi lain penulis melihat Guru yang mempunyai berbagai karakteristik dan latar belakang yang berbeda, tentunya belum semuanya dapat menyadari perlunya etos kerja yang dibangun dan dilakukan di sekolah dalam meningkatkan mutu dan kinerjanya demi ketercapaian pembelajaran yang efekti Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor pendidikan di MTs Nurul Huda Munjul dan mengetahui etos kerja guru di samping itu juga untuk mengetahui hubungajn supervisor pendidikan dengan etos kerja guru. Pendidikan bagi kehidupan manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sejak dari ayunan ibu sampai liang lahat. Keberhasilan suatu pendidikan tidak hanya dipengaruhi oleh semangat yang menggelora dalam dada atau biaya yang memadai namun yang tidakkalah pentingnya juga dipengaruhi oleh etos keja guru dan kepemimpinan kepala sekolah yang memberikan arahan,bimbingan dan pengawasan. Dalam penyusunan skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif,dan penulis menggunakan beberapa pendekatan teknik pengumpulan data yaitu diantaranya melalui observasi, dan angket. Penyebaran angket disebarkan kepada responden yang berjumlah 30 siswa kelas VIII dan 30 guru. Supervisor pendidikan dengan sebesar 0.361%, Etos kerja guru 35,52%, termasuk kategori cukup baik atau sebagian kecil. Hubungan supervisor pendidikan dengan etos kerja guru, dipeoleh perhitungan korelasi dengan nilai 0,596 ini berarti tergolong kategori sedang karena berada pada jarak 0,400- 0,599.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:15
Last Modified: 14 Mar 2017 08:15
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/842

Actions (login required)

View Item View Item