ANALISIS IMPLIKATUR PADA IKLAN SUSU : KAJIAN PRAGMATIK

Muhamad Mustofa Aqil, (2022) ANALISIS IMPLIKATUR PADA IKLAN SUSU : KAJIAN PRAGMATIK. Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab V.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang jenis-jenis implikatur dan makna implikatur yang terdapat dalam produk iklan susu yang pernah tayang di televisi. Penelitian ini memiliki tujuan: (1) Mendeskripsikan jenis implikatur yang terdapat dalam iklan susu. (2) Mendeskripsikan makna sebenarnya yang terdapat dalam iklan susu. Penelitian ini termasuk jenis kualitatif deskriptif, yaitu memaparkan suatu fenomena, dalam hal ini fenomena kebahasaan dalam bentuk deskripsi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik dasar sebagai teknik dasar. Teknik simak bebas libat cakap dipakai sebagai teknik lanjutan. Teknik catat juga digunakan dalam mentranskripkan tuturan. Untuk menguji keabsahan data, penelitian ini menggunakan cara meningkatkan ketekunan dan menggunakan bahan referensi. Data yang sudah dijaring akan dianalisis dengan metode padan Pragmatik dengan menggunakan teknik pilah unsur penentu (PUP) yang memiliki alat penelitian berbentuk daya pilah yang berguna untuk pembeda reaksi dan kadar yang terdengarnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat dua jenis implikatur yaitu implikatur konvensional dan implikatur nonkonvensional, dan juga hanya terdapat dua makna yaitu makna leksikal dan makna kontekstual. Pada hasil analisis implikatur dalam iklan susu ini ditemukan 9 implikatur konvensional dan 11 implikatur nonkonvensional, sedangkan makna yang ditemukan yaitu dua jenis makna yakni 9 makna leksikal dan 11 makna Kontekstual. Setelah menganlisis iklan, implikasinya dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran bahasa Indonesia materi teks iklan KD. 3.3 Menganalisis informasi teks iklan, slogan, atau poster dari berbagai sumber yang dibaca dan didengar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: implikatur, iklan , makna
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 06 Dec 2022 02:45
Last Modified: 06 Dec 2022 02:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8442

Actions (login required)

View Item View Item