UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF LINGKUNGAN KREATIF EFEKTIF MENARIK (PAILKEM) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII MTsN Ciledug Kabupaten Cirebon)

YAYAH SITI QODARIAH, (2013) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF INOVATIF LINGKUNGAN KREATIF EFEKTIF MENARIK (PAILKEM) PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas VII MTsN Ciledug Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
YAYAH SITI QODARIAH_58440974_ok-min.pdf

Download (545kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Yayah Siti Qodariah : Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik (PAILKEM) Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII MTs Negeri Ciledug Kabupaten Cirebon Seiring dengan tanggung jawab profesional pengajar dalam proses pembelajaran, maka dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran setiap guru dituntut untuk selalu menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan program pembelajaran yang akan berlangsung, salah satunya adalah strategi pembelajaran.. Pemilihan strategi pembelajaran yang tepat, yaitu dengan situasi dan kondisi yang dihadapi akan berdampak pada tingkat penguasaan atau prestasi belajar peserta didik yang dihadapi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi PAILKEM pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VII MTs Negeri Ciledug. 2. Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa di kelas VII MTs Negeri Ciledug dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan strategi PAILKEM. 3. Untuk mengetahui bagaimana akitivitas siswa kelas VII MTs Negeri Ciledug Kabupaten Cirebon dengan menggunakan strategi pembelajaran PAILKEM dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa penerapan strategi pembelajaran mempunyai peranan yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar, salah satunya yaitu strategi pembelajaran PAILKEM. Penerapan strategi pembelajaran PAILKEM di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan memotivasi siswa dalam belajar IPS Terpadu, sehingga aktivitas belajar siswa akan meningkat, dan apabila aktivitas belajar siswa meningkat maka prestasi belajar siswa juga meningkat. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK, yang dalam setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik obeservasi, wawancara, dan tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri ciledug yang berjumlah 342 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-IMTs Negeri Ciledug yang berjumlah 47 siswa. Adapun hasil dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran PAILKEM terhadap prestasi belajar siswa MTs Negeri Ciledug cukup baik, hal ini dapat dibuktikan dengan prestasi belajar siswa yang meningkat dari setiap siklusnya. Perolehan pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 19 siswa dengan nilai rata-rata 44,71 dan persentase ketuntasannya 40%, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 31 siswa dengan nilai ratarata 68,83 dan persentase ketuntasan siswa 65,96%, pada Siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 39 siswa dengan nilai rata-rata 75,74 dan persentase ketuntasannya 82,98%, dan pada siklus III siswa yang yang mencapai KKM 47 siswa dengan nilai rata-rata 83,19 dan persentase ketuntasannya 100%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:25
Last Modified: 14 Mar 2017 08:25
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/845

Actions (login required)

View Item View Item