PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING MODEL TIGA LAPIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DI MTS FATHUL ULUM LEMAHAYU KERTASEMAYA INDRAMAYU

WINDA NADIA ZULMI, PENERAPAN METODE ACTIVE LEARNING MODEL TIGA LAPIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS EKONOMI DI MTS FATHUL ULUM LEMAHAYU KERTASEMAYA INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
WINDA NADIA ZULMI_59440971_ok-min.pdf

Download (464kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

WINDA NADIA ZULMI : Penerapan Metode Active Learning Model Tiga Lapis untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi di MTs Fathul Ulum Lemahayu Kertasemaya Indramayu. Dalam proses pembelajaran, siswa kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berfikir, siswa diharuskan untuk mengingat dan menumpuk berbagai informasi tanpa dituntut untuk dapat mengemukakan pendapatnya, hal ini menjadi siswa kaya akan teori tetapi sangat miskin dalam aplikasi. Banyak guru menggunakan metode ceramah dan tanya jawab akibatnya siswa cenderung pasif, bosan, monoton sehingga kurang dalam berfikir kritis, dalam KBM guru banyak menggunakan sistem catat mencatat, siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru tanpa melibatkan siswa sehingga prestasi hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS ekonomi masih relatif rendah dan kurangnya minat dalam belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui penerapan metode active learning model tiga lapis pada mata pelajaran IPS ekonomi. 2). Untuk mengetahui aktivitas-aktivitas siswa ketika menerapkan metode active learning model tiga lapis. 3). Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode active learning model tiga lapis kelas VIII B di MTs Fathul Ulum Indramayu. Penelitian ini berdasarkan atas pemikiran bahwa untuk pencapaian sebuah prestasi yang maksimal salah satunya diperlukan sebuah model pembelajaran yang baik dan juga disenangi oleh siswa, sehingga mereka merasa tertarik, senang semangat dalam belajar dan pada akhirnya akan mencapai nilai yang diharapkan. Setiap model pembelajaran harus kita persiapkan dengan baik agar proses pembelajaran dapat berlangsung efektif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan metode active learning model tiga lapis yang terdiri dari 3 siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B MTs Fathul Ulum yang berjumlah 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, angket, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode active learning model tiga lapis pada mata pelajaran IPS ekonomi tentang pranata sosial dalam kehidupan masyarakat meningkat : 1). Respon siswa terhadap penerapan metode active learning model tiga lapis dapat dikategorikan Cukup dengan nilai angket 44,965%. 2). Aktivitas siswa pada setiap siklus mengalami peningkatan, pada siklus I diperoleh rata-rata 60%, siklus II 72% dan siklus III 86% 3). Hasil penelitian pada pra siklus diperoleh rata-rata 51,1, persentase ketuntasan belajar sebesar 27,8%, pada siklus I diperoleh rata-rata 64,7, persentase ketuntasan belajar sebesar 31,6%, Pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa 68,9, persentase ketuntasan belajar sebesar 33,3%, dan pada siklus III rata-rata hasil belajar siswa 76,1, persentase ketuntasan belajar siswa 86,1%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 14 Mar 2017 08:30
Last Modified: 14 Mar 2017 08:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/847

Actions (login required)

View Item View Item