Pengembangan Modul Teks Pidato Persuasif Berbasis Kearifan Lokal Cirebon untuk Siswa Kelas IX

Winantika, (2022) Pengembangan Modul Teks Pidato Persuasif Berbasis Kearifan Lokal Cirebon untuk Siswa Kelas IX. Bachelor thesis, S1 Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i'.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (454kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pada materi teks pidato persuasif untuk siswa kelas IX SMP/MTs. Pidato merupakan salah satu keterampilan berbahasa dalam hal berbicara. Kegiatan berpidato diarahkan untuk dapat berbicara dengan benar dan komunikatif. Salah satu bentuk bahan ajar yaitu modul, modul merupakan paket belajar mandiri untuk peserta didik, dengan dirancang secara sistematis, meliputi materi, metode, batasan, latihan, evaluasi pembelajaran, pengalaman belajar, dan dilengkapi petunjuk lainnya untuk belajar secara mandiri. Selain itu modul dapat dijabarkan sebagai jenis satuan kegiatan belajar yang didesain oleh guru berbentuk cetak, disusun dengan memperhatikan kompetensi dasar dan pencapaian belajar peserta didik. Modul yang dikembangkan ini dengan berbasis kearifan lokal Cirebon. Kearifan lokal merupakan salah satu wujud budaya yang diciptakan oleh nenek moyang bangsa Indonesia. Dalam kearifan lokal mengandung nilai-nilai luhur yang dapat digunakan untuk membangun karakter bangsa. Penelitian yang digunakan berjenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D). Penelitian pengembangan adalah aktivitas riset dasar untuk mendapatkan informasi kebutuhan pengguna (needs assessment), selanjutnya adalah kegiatan pengembangan (development) tujuannya untuk menghasilkan produk dan mengkaji keefektifan produk tersebut. Salah satu model penelitian dan pengembangan adalah model ADDIE yaitu melalui lima tahapan. Analysis (Analisis), Design (Merancang), Development (Mengembangkan), Implementation (Melaksanakan), dan Evaluation (Mengevaluasi). Namun pada penelitian ini hanya melalui tiga tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Merancang), Development (Mengembangkan). Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan angket. Hasil dari produk modul yang telah dikembangkan kemudian divalidasi oleh para ahli, adapun yang memvalidasi modul terdiri dari 2 dosen jurusan Tadris Bahasa Indonesia, IAIN Syekh Nurjati Cirebon yang bergelar doctor, dan guru Bahasa Indonesia. Persentase dari hasil validasi ahli materi 1 sebesar 88% dengan kriteria interpretasi sangat layak. Hasil validasi dari ahli materi 2 sebesar 80% dengan kriteria layak. Sedangkan hasil validasi dari ahli materi 3 atau guru bahasa Indonesia sebesar 84% dengan kriteria interpretasi sangat layak. Untuk akumulasi nilai secara keseluruhan modul teks pidato persuasif berbasis kearifan lokal ini memperoleh persentase sebesar 84% dengan kategori sangat layak.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kearifan Lokal, Modul, dan Teks Pidato Persuasif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 01:45
Last Modified: 07 Dec 2022 01:45
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8488

Actions (login required)

View Item View Item