Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Terintegrasi Linktree untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Siswa Kelas XI di MAN 2 Majalengka

Qurratul'aini, (2022) Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Terintegrasi Linktree untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Komunikasi Siswa Kelas XI di MAN 2 Majalengka. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
A. COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi sangat diperlukan siswa dalam menghadapi tantangan abad ke-21. Keterampilan ini dapat dilatih menggunakan model discovery learning dengan memilih media yang tepat dan memanfaatkan kemajuan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model discovery learning dengan media linktree, mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi siswa, serta mengetahui respon siswa terhadap penerapan model discovery learning dengan media linktree. Metode yang digunakan adalah eksperimen melalui pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, tes, dan survey. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Analisis data yang dilakukan yaitu uji N-gain, normalitas, homogenitas, dan uji independent sample test. Penerapan model discovery learning dengan media linktree pada materi sistem reproduksi sebesar 71% termasuk kriteria baik. Terdapat perbedaan yang signifikan pada keterampilan berpikir kreatif siswa di kelas yang menerapkan model discovery learning dengan media linktree. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 58 dan posttest 75,62. Nilai Sig. α sebesar 0,019 dan 0,02 < 0,05, artinya terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan komunikasi siswa yang signifikan. Keterampilan komunikasi siswa setiap pertemuannya meningkat dengan perolehan persentase keseluruhan sebesar 58,48% dengan kategori baik. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran discovery learning dengan media linktree pada materi sistem reproduksi sebesar 82,83% dengan kategori sangat kuat. Artinya, penerapan pembelajaran tersebut mendapatkan respon positif dari siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, Linktree, Keterampilan Berpikir Kreatif, Keterampilan Komunikasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 03:50
Last Modified: 07 Dec 2022 03:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8507

Actions (login required)

View Item View Item