ANALISIS KUALITAS BUKU BIOLOGI SMA KURIKULUM 2013 REVISI DITINJAU DARI REPRESENTASI VISUAL PADA MATERI ENZIM DAN METABOLISME SEL

Dinda Ayu Sartika, (2022) ANALISIS KUALITAS BUKU BIOLOGI SMA KURIKULUM 2013 REVISI DITINJAU DARI REPRESENTASI VISUAL PADA MATERI ENZIM DAN METABOLISME SEL. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWLAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Kurikulum pendidikan mengalami perubahan, begitu pula dengan buku teks yang digunakan harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Berdasarkan kenyataan yang sering terjadi yaitu tidak jarang dalam satu buku mencangkup konsep yang mendetail namun tidak mudah dibaca oleh kalangan pelajar bahkan oleh guru sekalipun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas buku biologi SMA kurikulum 2013 revisi ditinjau dari representasi visual pada materi enzim dan metabolisme sel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan tiga buku sampel SMA yang digunakan yaitu buku erlangga, grafindo dan buku tiga serangkai serta menggunakan tiga refernsi yang terdiri dari buku campbell, buku raven, dan juga buku solomon. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan purpose sampling dimana teknik pengambilan data sampel sumber data ini disesuaikan dengan tujuan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa analisis tipe representasi visual pada kategori tampilan skematik mempunyai presentase paling tinggi dibandingkan dengan tipe representasi visual lainnya dengan jumlah prsentase 55% pada buku tiga serangkai, 53% pada buku erlangga dan 45% pada buku grafindo. Adapun hubungan representasi visual dengan konten pada ketiga buku sampel tersebut mempunyai presentae paling tinggi yaitu 89% pada buku tiga serangkai, dibandingkan dengan buku erlangga yang mempunyai prsentase 88% dan 83% pada buku grafindo. Selain itu juga hubungan representasi visual dengan realitas mempunyai presentase tertinggi pada buku erlangga dengan presentase 96%, sedangkan pada buku tiga serangkai mempunyai presentase sekitar 89% dan 83 % pada buku grafindo: fungsi representasi visual paling tinggi yaitu pada fungsi ilustratif dengan presentase 88% pada buku erlangga, kemudian 83% pada buku grafindo dan 80% pada buku tiga serangkai. Berdasarkan ketepatan konsep gambar memadai itu pada buku erlangga berdasarkan buku referensi campbell, raven, dan solomon. Dan untuk kesamaan ketepatan konsep pada buku SMA dengan buku referensi yaitu buku erlangga dan buku grafindo mempunyai kesamaan dengan buku referensi campbell dan buku referensi raven, sedangkan untuk buku tiga serangkai memiliki kesamaan dengan buku referensi solomon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Buku teks, ketepatan konsep gambar, representasi visual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:08
Last Modified: 07 Dec 2022 04:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8509

Actions (login required)

View Item View Item