PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA

Yeni Luthfiyah, (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) BERBANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (390kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih adanya hasil belajar siswa yang kurang memuaskan di SMA Negeri 1 Plumbon. Model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan alat peraga ditawarkan sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan aktivitas belajar siswa, untuk mengidentifikasi perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dengan NHT berbantuan alat peraga dengan yang tidak pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Plumbon, dan untuk mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunan model NHT berbantuan alat peraga selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group desaign. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan jenis simple random sampling, sampel penelitian kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi dan survey. Instrumen berupa lembar observasi, soal, dan angket. Teknik analisis data menggunakan software SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan NHT berbantuan alat peraga pada materi sistem ekskresi kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Plumbon aktivitas belajar siswa meningkat disetiap pertemuannya, pada pertemuan pertama 67,91%, kedua 75,83%, dan pertemuan ketiga 88,75% dan peningkatan hasil belajar siswa dengan NHT berbantuan alat peraga lebih besar serta berbeda signifikan dibandingkan dengan tanpa NHT berbantuan alat peraga dan mendapatkan respons siswa yang sangat baik sebesar 76% dengan kategori kuat sehingga siswa merasa senang, minat, tertarik, dan termotivasi dalam belajar biologi materi sistem ekskresi menggunakan model NHT berbantuan alat peraga.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together (NHT), alat peraga, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:26
Last Modified: 07 Dec 2022 04:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8512

Actions (login required)

View Item View Item