PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ARGUMENT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI KELOMPOK SISWA SMA

Herawati Dwi Astuti, (2022) PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN ARGUMENT MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KOLABORASI KELOMPOK SISWA SMA. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (272kB) | Preview

Abstract

Adanya tantangan pembelajaran abad 21 yang harus dihadapi oleh siswa agar mampu bersaing dimasa yang akan mendatang menjadi latarbelakang penelitian ini. Siswa senantiasa harus menguasai berbagai keterampilan untuk dapat menghadapi tantangan tersebut. Keterampilan berpikir kreatif dan kolaborasi siswa merupakan keterampilan yang harus dimilki oleh siswa pada pembelajaran abad 21. Untuk itu, diperlukan penerapan model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana belajar siswa yang aktif, kreatif, dan bekerjasama untuk mampu memecahkan suatu permasalahan. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu model guided discovery learning berbantuan argument mapping. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model guided discovery learning berbantuan argument mapping, (2) menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa, (3) menganalisis perbedaan peningkatan keterampilan kolaborasi kelompok siswa, dan (4) mendeskripsikan respon siswa terhapada penerapan model guided discovery learning berbantuan argument mapping. Metode yang digunakan pada penelitian ini metode eksperimen dengan desain penelitian one-group pretest-posttest. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model guided discovery learning berbantuan argument mapping memberikan peningkatan aktivitas belajar siswa pada materi sistem ekskresi, (2) terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa yang signifikan dengan nilai sig. 0.000 (3) terdapat perbedaan peningkatan keterampilan kolaborasi kelompok siswa dengan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kontrol sebesar 23.3 dan 16.3, (4) Siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model guided discovery learning berbantuan argument mapping. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan kolaborasi kelompok yang signifikan antara siswa yang menggunakan model guided discovery learning berbantuan argument mapping dengan siswa yang tidak menggunakan pada pembelajaran materi sistem ekskresi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model guided discovery learning, argument mapping, keterampilan berpikir kreatif dan kolaborasi kelompok
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 04:38
Last Modified: 07 Dec 2022 04:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8515

Actions (login required)

View Item View Item