PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI

Rani Rahmawati, (2022) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan pendidikan yang harus dihadapi di kehidupan abad 21 dimana siswa dituntut untuk menguasai berbagai keterampilan. Melatih dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi siswa, diperlukan penerapan model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana belajar siswa yang aktif dan mampu memecahkan suatu permasalahan. Salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan kriteria tersebut yakni model discovery learning berbantuan google classroom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan KBK dan KK yang diterapkan model discovery learning berbantuan google classroom. Penelitian ini difokuskan pada sub bab materi biologi sistem ekskresi. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Majalengka dengan metode quasi experiment yang menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas 11 MIA 2 sebagai kelas kontrol dan kelas 11 MIA 1 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data KBK dilakukan menggunakan tes pilihan ganda dengan indikator berpikir kritis yang berjumlah 20 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Sedangkan untuk keterampilan kolaborasi menggunakan metode penilaian peer assessment. Berdasarkan pengujian hipotesis pada variabel keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi dapat disimpulkan jika terdapat peningkatan pembelajaran saat diterapkan model discovery learning berbantuan google classroom terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi pada materi sistem ekskresi. Selain itu, respon siswa terhadap penerapan model discovery learning berbantuan google classroom menghasilkan respon yang sangat bagus.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Model discovery learning, Google Classroom, KBK dan KK
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 05:16
Last Modified: 07 Dec 2022 05:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8518

Actions (login required)

View Item View Item