ANALISIS SOAL UJI KOMPETENSI BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA MATERI SISTEM GERAK

Rizka Khoirunnisa, (2022) ANALISIS SOAL UJI KOMPETENSI BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA MATERI SISTEM GERAK. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (606kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1. mendeskripsikan tingkatan kognitif yang muncul dari setiap soal uji kompetensi berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi didalam buku biologi pada materi sistem gerak kelas XI. 2. menganalisis besar presentase kemunculan tingkatan kognitif dari soal uji kompetensi pada buku biologi. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini berasal dari dokumen yakni buku teks pelajaran, dalam penelitian ini peneliti melakukan deskripsi terhadap hasil yang sudah dianalisis dokumen berupa buku teks biologi. Data dalam penelitian ini adalah kumpulan�kumpulan soal uji kompetensi biologi pada materi sistem gerak yang terdapat pada buku ajar yang telah diterbitkan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. Hasil analisis 1. Tingkatan kognitif yang muncul dari setiap soal uji kompetensi pada buku 1 karangan Pratiwi, Maryati, Suharsono, Suseno (2017) level mengingat (C1) dengan persentase 10% termasuk pada kategori tidak memadai, level memahami (C2) dengan persentase 45% termasuk pada kategori cukup memadai, dan level mengaplikasikan (C3) dengan persentase 45% termasuk pada kategori cukup memadai. Buku 2 karangan Pujiyanti (2020) diperoleh level mengingat (C1) dengan persentase 12% termasuk pada kategori tidak memadai, level memahami (C2) dengan persentase 36% termasuk pada kategori cukup memadai, dan level mengaplikasikan (C3) dengan persentase 52% termasuk pada kategori cukup memadai. Buku 3 karangan Nurhayati & Wijayanti (2021) diperoleh level mengingat (C1) dengan persentase 15% termasuk pada kategori tidak memadai, dan pada level memahami (C2) dengan persentase 40% termasuk pada kategori cukup memadai, sedangkan level mengaplikasikan (C3) dengan persentase 45% termasuk pada kategori cukup memadai. Ketiga buku biologi tersebut tidak termunculkan level kognitif menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Hasil Kemunculan hasil analisis dari ketiga buku diperoleh level mengingat (C1) didominasi pada buku ketiga dari Nurhayati & Wijayanti (2021) dengan persentase 15% termasuk pada kategori tidak memadai. Pada level memahami (C2) didominasi pada buku pertama karangan Pratiwi, Maryati, Suharsono, Suseno (2017) dengan persentase 45% termasuk pada kategori cukup memadai. Pada level mengaplikasikan (C3) didominasi pada buku kedua karangan Pujiyanto (2020) dengan persentase 52% termasuk pada kategori cukup memadai.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks, Soal Uji Kompetensi, Taksonomi Bloom Revisi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 06:03
Last Modified: 07 Dec 2022 06:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8528

Actions (login required)

View Item View Item