PERBANDINGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENGGUNAAN METODE PENEMUAN DENGAN METODE EKSPOSITORI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ARJAWINANGUN

SUGIARTO, (2013) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENGGUNAAN METODE PENEMUAN DENGAN METODE EKSPOSITORI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 ARJAWINANGUN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SUGIARTO_58440835_ok-min.pdf

Download (997kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

SUGIARTO. Perbandingan Hasil Belajar Akuntansi Melalui Penggunaan Metode Penemuan Dengan Metode Ekspositori Di Kelas XI SMA Negeri 1 Arjawinangun Dengan memiliki pengetahuan secara umum mengenai sifat berbagai metode, seorang guru akan lebih mudah memantapkan metode yang sesuai dengan situasi dan kondisi kegiatan belajar mengajar serta materi pelajaran yang akan disampaikan. Metode yang sesuai dengan materi pelajaran yang akan disampaikan diharapkan siswa memiliki keinginan dan semangat dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan menggunakan metode penemuan dan metode ekspositori diharapkan peserta didik memiliki keinginan dan semangat dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga mendapatkan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Dari latar belakang masalah tersebut, maka penilitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran akuntansi pada materi jurnal umum yang menggunakan metode penemuan dan yang menggunakan metode ekspositori. Permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode penemuan dalam pembelajaran akuntansi, bagaimana hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode ekspositori dalam pembelajaran akuntansi dan sejauh mana perbandingan hasil belajar peserta didik antara yang pembelajaprannya menggunakan metode penemuan dengan metode ekspositori. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Empirik Deskriptif (Studi Lapangan) dengan tektik tes dan dokumentasi. Pengambilan sanpel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling (Pengambilan sampel sesuai dengan kebutuhan). Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran akuntansi antara yang menggunakan metode penemuan dengan metode ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Arjawinangun. Penentuan sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas dari 4 (empat) kelas yang diambil secara acak. Hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode penemuan mengalami peningkatan dari pretes ke postes sebesar 16,22. Hasil belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode ekspositori mengalami peningkatan dari pretes ke postes sebesar 10,18. Terdapat perbedaan/perbandingan hasil belajar yang pembelajarannya menggunakan metode penemuan dengan metode ekpositori dengan menggunakan taraf signifikansi 1% ternyata thitung > ttabel yaitu 2,85 > 2,65. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak atau H1 diterima. Jadi hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran akuntansi yang menggunakan metode penemuan lebih baik dari pada yang menggunakan metode ekspositori.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 01:48
Last Modified: 15 Mar 2017 01:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/853

Actions (login required)

View Item View Item