PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN HOLISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMPN I DUKUPUNTANG KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Siti Maesaroh, (2013) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN HOLISTIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI KELAS VIII SMPN I DUKUPUNTANG KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI MAESAROH_58440967_ok-min.pdf

Download (619kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Siti Maesaroh : Penerapan Strategi Pembelajaran Holistik Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN I Dukupuntang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon Dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, guru harus pandai dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Guru juga harus mampu meningkatkan minat belajar siswa agar hasil belajar siswa pun ikut meningkat. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh guru adalah penggunaan strategi pembelajaran dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas. Kreatifitas guru dalam penggunaan strategi pembelajaran bisa menentukan keberhasilan belajar. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1). Untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran Holistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP N Dukupuntang, (2). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan strategi pembelajaran Holistik pada mata pelajaran IPS Terpadu kelas VIII di SMP N I Dukupuntang.(3) Untuk mengetahui seberapa besar hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMPN I Dukupuntang. Penelitian ini bertolak dari kerangka pemikiran bahwa penggunaan strategi pembelajaran mempunyai peranan yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar. Salah satunya strategi pembelajaran Holistik, penggunaan strategi pembelajaran di dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dapat membantu guru dalam menyampaikan materi dan membantu siswa dalam menyerap materi yang disampaikan oleh gurunya. Dengan demikian dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam penyerapan materi dan imbasnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa yang menjadi tujuannya bisa tercapai. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tes. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E di SMP N I Dukupuntang yang berjumlah 43 orang. Data diolah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan tahap pelaksanaan penelitian ini disajikan 3x pertemuan untuk Tiga siklus. Adapun hasil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa SMP N I Dukupuntang terhadap strategi pembelajaran Holistik cukup baik, hal ini dapat dibuktikan dengan prestasi belajar siswa yang meningkat dari setiap siklusnya, perolehan pada pra siklus jumlah siswa yang mencapai KKM 8 siswa dengan nilai rata-rata 49,6 dan persentase ketuntasannya 18,6%, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM 10 siswa dengan nilai rata-rata 72,1 dan persentase ketuntasan siswa 23,2%, pada Siklus II siswa yang mencapai KKM 23 siswa dengan nilai rata-rata 73,1 dan persentase ketuntasannya 53,4%,dan pada siklus III siswa yang yang mencapai KKM 43 siswa dengan nilai rata-rata 78 dan persentase ketuntasannya 100%.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 01:50
Last Modified: 15 Mar 2017 01:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item