ANALISIS BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XI KURIKULUM 2013 REVISI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI BERDASARKAN STANDAR BUKU AAAS (AMERICAN ASSOCIATION FOR THE ADVANCEMENT OF SCIENCE)

Dede Yusuf, (2022) ANALISIS BUKU TEKS BIOLOGI SMA KELAS XI KURIKULUM 2013 REVISI PADA MATERI SISTEM EKSKRESI BERDASARKAN STANDAR BUKU AAAS (AMERICAN ASSOCIATION FOR THE ADVANCEMENT OF SCIENCE). Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (269kB) | Preview

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan di Indonesia terus dilakukan oleh para akademisi dengan tujuan memperolehan pengetahuan yang utuh bagi siswa dengan cara melakukan inovasi dan perbaikan berbagai perangkat pembelajaran diantaranya buku teks. Buku teks merupakan sumber yang mudah dicari sehingga murid dan guru dapat memanfaatkan sesuai dengan apa yang diperlukan. Kurikulum 2013 revisi tidak hanya berbasis pada kompetensi, hal penting dalam penerapan kurikulum 2013 revisi adalah penerapan pendidikan karakter. Analisis kesesuaian isi buku teks menyatakan bahwa proses penyelidikan terhadap kesesuaian isi buku teks yang digunakan di sekolah bertujuan untuk mengetahui buku mana yang memiliki kualitas lebih baik. AAAS (American Association for the Advancement of Science) adalah masyarakat yang berdedikasi untuk memajukan semua ilmu di bidang pengetahuan, dan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat umum tentang ilmu pengetahuan dan teknologi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji perbandingan isi buku teks biologi ditinjau berdasarkan aspek AAAS memuat tujuan pembelajaran dengan jelas, memperhitungkan gagasan�gagasan siswa, melibatkan siswa dengan fenomena yang relevan, mengembangkan dan menerapkan konsep pembelajaran secara ilmiah, mengembangkan kemampuan berpikir tentang fenomena, pengalaman dan pengetahuan yang saling berkaitan antar ketiganya, penilaian terhadap perkembangan siswa dan meningkatkan lingkungan belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik analisis deskriptif dan pengamatan mendalam terhadap buku teks. Hasil penelitian ini diperoleh untuk aspek pertama kriteria tertinggi terdapat pada buku X dan Y dengan presentase 100% dan kriteria terendah terdapat pada buku Z dengan presentase 25%, aspek kedua dengan kriteria tertinggi terdapat pada buku X diperoleh presentase 93% dan kriteria terendah terdapat pada buku Y dan Z dipresentase 81%, aspek ketiga kriteria tertinggi terdapat pada buku X dan Y diperoleh presentase 100% dan kriteria terendah terdapat pada buku Z dipresentase 75%, aspek keempat tidak terdapat perbandingan dikarenakan ketiga bukunya memperoleh presentase 100%, aspek kelima dengan kriteria tertinggi terdapat pada buku X dan Y diperoleh presentase 83% dan kriteria terendah terdapat pada buku Z dipresentase 66%, aspek keenam dengan kriteria tertinggi terdapat pada buku X dan Y diperoleh presentase 100% dan kriteria terendah terdapat pada buku Y dan Z dipresentase 91% dan aspek terakhir tidak terdapat perbandingan dikarenakan ketiga bukunya memperoleh presentase 100%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Buku Teks, Kurikulum 2013 revisi, AAAS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:34
Last Modified: 07 Dec 2022 07:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8546

Actions (login required)

View Item View Item