PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 WALED

Messyfa Salsabila, (2022) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS BIOENTREPRENEURSHIP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 WALED. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (345kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi dengan menekankan pada pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar yang dimiliki siswa sebagai bekal menghadapi tantangan jaman. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis (1) Peningkatan aktivitas siswa dan penerapan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) berbasis Bioentrepreneurship, (2) Perbedaan peningkatan hasil belajar keterampilan proses sains, (3) Respon siswa setelah melakukan kegiatan pembelajaran dengan model Project Based Learning berbasis Bioentrepreneurship. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket, kemudian data dianalisis dengan uji N-Gain dan Uji Statistik normalitas, homogenitas dan uji beda hipotesis. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIPA di SMAN 1 Waled. Sampel yang digunakan yakni kelas X MIPA 1 dan X MIPA 2 masing-masing berjumlah 38 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu Quasi Eksperimental menggunakan Pretest�Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan (1) Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih kuat dari kelas kontrol dengan persentase rata-rata sebesar 63,63% dan 80,97%. (2) Hasil belajar keterampilan proses sains siswa menunjukkan perbedaan peningkatan yang signifikan, Perbedaan tersebut dapat dilihat dari hasil rata-rata N-Gain, untuk rata-rata N-Gain kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 40,54%, sedangkan hasil rata-rata N-Gain kelas kontrol diperoleh nilai sebesar 28,05% dengan selisih mencapai 12,49% dengan nilai sig. 0,011 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, Bioentrepreneurship, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pembelajaran berbasis Enterpreneurship
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:42
Last Modified: 07 Dec 2022 07:42
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8548

Actions (login required)

View Item View Item