EFEKTIVITAS PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) BRI UNIT KARANGAMPEL DALAM MENINGKATKAN WIRAUSAHA KELUARGA DI DESA KARANGAMPEL - INDRAMAYU

Siti Fatimah, (2013) EFEKTIVITAS PROGRAM KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) BRI UNIT KARANGAMPEL DALAM MENINGKATKAN WIRAUSAHA KELUARGA DI DESA KARANGAMPEL - INDRAMAYU. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
SITI FATIMAH_59440921_ok-min.pdf

Download (653kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

Siti Fatimah : Efektivitas Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI Unit Karangampel Dalam Meningkatkan Wirausaha Keluarga Di Desa Karangampel–Indramayu. Peranan wirausaha termasuk usaha kecil menengah (UKM), terutama sejak krisis ekonomi dapat dipandang sebagai katup penyelamat dalam proses pemulihan ekonomi nasional, baik dalam mendorong laju pertumbuhan ekonomi nasional maupun penyerapan tenaga kerja, namun masih menghadapi berbagai hambatan dan kendala. Salah satu kendala yang dihadapi adalah dalam hal permodalan. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Konsep Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI Unit Karangampel di Desa Karangampel-Indramayu, 2) konsep wirausaha keluarga di Desa Karangampel-Indramayu, 3) hubungan efektivitas Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI Unit Karangampel dengan peningkatan wirausaha keluarga di Desa Karangampel – Indramayu. Bagi wirausaha keluarga, kredit dirasa cukup penting meningkatkan kebutuhan untuk pembiayaan modal kerja diperlukan guna menjalankan usaha dan meningkatkan akumulasi pemupukan modal mereka. Untuk mengatasi masalah tersebut pemerintah meluncurkan program pembiayaan bagi wirausaha termasuk UMKM dan koperasi, yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dilaksanakan oleh beberapa Bank di Indonesia, salah satunya adalah Bank BRI Unit Karangampel. Melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang telah diberikan pemerintah, diharapkan dengan program ini para pelaku wirausaha keluarga di Desa Karangampel memiliki semangat untuk mengembangkan usahanya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket, wawancara dan study dokumen. Teknik analisis yang digunakan adalah koefisien korelasi dan Spearman Brown, uji signifikasi dengan uji t, dan koefisien determinasi. Studi penelitian dilakukan pada wirausaha keluarga masyarakat Desa Karangampel yang memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI Unit Karangampel. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara efektivitas program Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI Unit Karangampel dengan Peningkatan wirausaha keluarga di Desa Karangampel- Indramayu, hal tersebut dapat dibuktikan dengan data hasil pengolahan statistika diperoleh koefisien korelasi r = 0,752, setelah dikonfirmasikan dengan koefisien korelasi maka dapat dikatakan kuat. Pada uji signifikasi melalui uji t diperoleh t hitung sebesar 7,028, dan t tabel 1,684, dengan demikian t hitung lebih besar dari t tabel (7,028 > 1,684) artinya terdapat hubungan yang positif antara variabel X dengan variabel Y. Dan pada uji koefisien determinasi diperoleh nilai 56,5%. Hal ini menunjukkan bahwa efektivitas program Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI Unit Karangampel mempunyai hubungan yang kuat dengan peningkatan wirausaha keluarga di Desa Karangampel-Indramayu.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 01:53
Last Modified: 15 Mar 2017 01:53
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/855

Actions (login required)

View Item View Item