PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LINKTREE BERBASIS SOSIO SCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MENINGKATKAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN

Fairuza Imara, (2021) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN LINKTREE BERBASIS SOSIO SCIENTIFIC ISSUE (SSI) UNTUK MENINGKATKAN ARGUMENTASI ILMIAH SISWA PADA MATERI SISTEM IMUN. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll_2.pdf

Download (708kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Media linktree berbasis Socio Scientific Issue merupakan inovasi baru untuk membentuk suasana belajar yang menarik, selain itu pembelajaran ini membantu siswa mengasah kemampuan argumentasi siswa suatu isu-isu yang berkembang di masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji : 1) aktivitas belajar siswa, 2) perbedaan kemampuan argumentasi ilmiah siswa kelas kontrol dan eksperimen dan 3) respon siswa terhadap penerapan pembelajaran media linktree berbasis Socio scientific Issue. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMAN 1 Jamblang dengan populasi 216 siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Jamblang dan sampel sebanyak 35 siswa kelas XI MIPA 3 kelas kontrol dan 36 siswa kelas XI MIPA 2 kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest postest control group dengan Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan, 1) terdapat perbedaan peningkatan aktivitas belajar siswa 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan argumentasi ilimah siswa yang signifikan, 3) siswa memberikan respon positif terhadap penerapan media pembelajaran linktree berbasis Socio Scientific Issue pada materi sistem pertahanan tubuh. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran linktree berbasis socio scientific issue dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan kemampuan argumentasi ilmiah siswa dan siswa memberikan respon positif terhadap pembelajaran biologi dengan menerapkan media pembelajaran linktree berbasis Socio Scientific Issue.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media linktree, Socio Scientific Issue, kemampuan argumentasi ilmiah siswa, sistem pertahanan tubuh
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:48
Last Modified: 07 Dec 2022 07:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8550

Actions (login required)

View Item View Item