PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 1 CIWARINGIN

Durotul Laeliyah, (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X SMAN 1 CIWARINGIN. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (449kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (560kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran saat ini harus terpusat pada siswa sehingga perlu adanya inovasi pada aspek pembelajarannya. Proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas juga tidak terlepas dari pengaruh kurikulum. Pada saat ini, di Indonesia diberlakukan Kurikulum 2013 (K13). Berlakunya K13 menuntut guru agar mampu menyusun suatu pembelajaran yang menumbuhkan tingkat kemandirian belajar siswa. Oleh karena itu peran dari K13, khususnya K13 revisi 2017 adalah membimbing siswa untuk lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan tujuan untuk mengembangkan potensi kemandirian yang ada di dalam diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar materi ekosistem model pembelajaran berbasis proyek (PjBL), untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Ciwaringin melalui pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran konvensional pada materi Ekosistem dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar kelas X di SMAN 1 Ciwaringin melalui pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek pada materi Ekosistem. Metode penelitian menggunakan Quasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah non equivalent control group design. Populasi dan sampel penelitiannya adalah kelas X di SMAN 1 Ciwaringin. Berdasarkan hasil penelitian pembelajaran berbasis proyek pada materi Ekosistem kelas X di SMAN 1 Ciwaringin di tunjukan oleh hasil dari uji independent sample t test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,228 > 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara model pembelajaran berbasis proyek (PJBL) dengan model konvesional. Penggunaan model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem, dilihat dari perbedaan rata-rata N-Gain antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol yaitu 594.584 dan 585.275. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sedang. Siswa kelas eksperimen yang mendapatkan skore nilai N-Gain terbesar adalah 84,14 dan skore nilai N-Gain terkecil adalah 28,00. Siswa kelas kontrol yang mendapatkan skore nilai N-Gain terbesar adalah 81,82 dan skore nilai N-Gain terkecil adalah 0,00-29,23. Faktor – faktor yang mempengaruhi hasil melalui pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis proyek dan model pembelajaran konvensional tidak lepas dari keberhasilan siswa dalam belajar dari berbagai faktor yang mempengaruhinya.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar Siswa, Ekosistem
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:08
Last Modified: 07 Dec 2022 08:08
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8558

Actions (login required)

View Item View Item