PENERAPAN PENILAIAN KINERJA PADA KEGIATAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MA KHAS KEMPEK CIREBON

Ali Kuswanto, (2022) PENERAPAN PENILAIAN KINERJA PADA KEGIATAN PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) SISWA PADA KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KELAS X MA KHAS KEMPEK CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
A. COVER DAFTAR ISI.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi di sekolah bertujuan agar siswa dapat memahami konsep�konsep biolgi dan keterkaitannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam proses pembelajaran diperlukan adanya evaluasi untuk mengetahui apakah suatu program pembelajaran telah dikuasai oleh peserta didik atau belum. Salah satu bentuk evaluasi adalah penilaian kinerja bertujuan agar siswa terdorong untuk mengembangkan, kreatifitas dan keterampilan berfikir pada penguasaan konsep serta dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu : (1) mendeskripsikan penilaian kinerja mengunakan mikroskop dalam kegiatan praktikum pada konsep keanekaragaman hayati di kelas X MA KHAS Kempek.; (2) menganalisis perbedaan peningkatan antara yang diterapkan penilaian kinerja dan yang tidak diterapkan penilaian kinerja; (3) menganalis respon siswa terhadap penerapan penilaian kinerja yang diterapkan. Penelitian ini terdiri dari 34 siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket.Hasil penelitian menunjukan: (1) Nilai rata-rata dari hasil penilain kinerja semua siswa sebesar 55,15 dimana kategorinya kurang.; (2) Perbedaan peningkatan keterampilan proses sains siswa yang signifikan antara siswa yang menggunakan penilaian kinerja pada indikator KPS; 3) respon siswa terhadap pembelajaran biologi menggunakan penilaian kinerja pada kegiatan praktikum termasuk dalam kriteria sangat kuat. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu 1) Nilai rata-rata tertinggi dalam penilaian kinerja terdapat pada aspek membuka penjepit objek, sedangkan nilai rata-rata terrendah terdapat pada aspek mencuci alat dengan sabun, mengeringkan alat dengan tissue/lap, menyimpan alat yang telah dipakai pada tempatnya, membersihkan meja dan lantai laboratorium, membuang sampah praktikum pada tempatnya 2) perbedaan peningkatan KPS siswa yang signifikan antara kelas yang menggunakan penilaian kinerja denagan kelas yang tidak menggunakan penilaian kinerja, 3) respon positif dari siswa dari rekapitulasi angket menunjukkan 51,40% siswa memberikan respon kuat dan 48,60% memberikan respon kuat. Hal ini menunjukkan bahwa siswa tertarik dan antusias dalam pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Kinerja, Keanekaragaman Hayati, Keterampilan Proses Sains
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:26
Last Modified: 07 Dec 2022 08:26
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8565

Actions (login required)

View Item View Item