PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA WEB GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM

Yayah Badriyah, (2021) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MEDIA WEB GOOGLE SITES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI EKOSISTEM. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran biologi disekolah masih banyak yang menerapkan metode ceramah, sehingga banyak peserta didik cenderung dalam memperhatikan dan aktif merespon yang disampaikan oleh guru. Tujuan peneleitian ini untuk menjelaskan aktivitas belajar siswa, mengidentifikasi perbedaan peningkatan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menerapkan model discovery learning berbantuan media web google sites, dan Mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan model discovery learning berbantuan media web google sites selama proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group desaign. Lokasi penelitian di MAN 2 Majalengka Teknik pengambilan sampel yang digunakan berupa random sampling, sampel penelitian kelas X MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, observasi dan survey. Instrumen berupa lembar observasi, soal, dan angket. Teknik analisis data menggunakan software SPSS 24. Hasil penelitian menunjukan Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan di setiap pertemuanya dengan rata-rata nilai aktivitas belajar siswa terkategori sangat baik. Terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang menerapkan model discovery learning berbantuan media google sites dengan nilai N-Gain 0,55, dibandingkan dengan yang tidak menerapkan model discovery learning berbantuan media google sites pada kelas kontrol dengan nilai N-gain sebesar 0,38. Respon siswa terhadap model discovey learning berbantuan media google sites mendapat respon sangat baik dengan kategori kuat. Sehingga siswa merasa senang, tertarik, dengan mendapatkan pengalaman belajar yang lebih bermakna dalam belajar biologi materi ekosistem menggunakan model discovery learning berbantuan media google sites.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Discovery learning, google sites, hasil belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:28
Last Modified: 07 Dec 2022 08:28
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8566

Actions (login required)

View Item View Item