ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING BERDASARKAN GENDER PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI IPA DI MA NAHDLATUL UMAM

Luqman Zeni, (2022) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING BERDASARKAN GENDER PADA MATERI SISTEM KOORDINASI KELAS XI IPA DI MA NAHDLATUL UMAM. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (896kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (274kB) | Preview

Abstract

Minat belajar adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas suasana tanpa ada yang menyuruh. Gender adalah persepsi mengenai menjadi pria atau wanita, dimana gender merujuk pada perasaan pribadi terkait dengan keanggotaan dalam lingkungan sosial. Di tengah kondisi pandemic covid-19 yang terjadi di Indonesia saat ini, pemerintah mengeluarkan aturan pelaksanaan pembatasan social berskala besar (PSBB) di sejumlah daerah termasuk dikabupaten Cirebon. Pemberlakuan PSBB ini tentunya berdampak pada berbagai bidang termasuk dibidang pendidikan. Sejak dilangsungkannya PSBB seluruh kelompok siswa harus melaksanakan pembelajaran secara daring. Siswa/siswi MA Nahdlatul Umam merupakan salah satu kelompok siswa/siswi yang turut menjalani pembelajaran secara daring akibat pademi Covid-19. Keadaan seperti ini menjadi sebuah tantangan bagi guru agar proses belajar mengajar tetap dapat berjalan secara maksimal. Oleh karena itu, melalui penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui kondisi minat belajar siswa/siswi disekolah MA Nahdlatul Umam selama melaksanakan pembelajaran secara online. Berdasarkan data yang diperoleh terdapat empat indikator minat belajar, diketahui bahwa minat belajar siswa/siswi MA Nahdlatul Umam selama mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19, antara lain: kategori Minat belajar pada indikator ketertarikan pada siswa perempuan sebesar 90%. Adapun hasil presentase minat belajar pada siswa laki-laki itu mecapai hasil 77%, Indikator perasaan senang memiliki presentase sebanyak 89 % adalah siswa perempuan. Adapun hasil presentase minat belajar pada siswa laki-laki itu mempunyai hasil 73%, Indikator perhatian indikator perhatian pada siswa perempuan sebesar 79%. Adapun hasil presentase minat belajar pada siswa laki-laki itu mempunyai hasil 77 %, dan keterlibatan siswa pada siswa laki-laki maupun perempuan memiliki kategori sangat baik. Pada hasil penelitian dengan pengisian angket seluruh siswa menjawab 9 butir soal dengan skor yang sama dan menempati kategori yang sama.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran daring, minat belajar, gender, MA Nahdlatul Umam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 07 Dec 2022 08:33
Last Modified: 07 Dec 2022 08:33
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8568

Actions (login required)

View Item View Item