PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI EKONOMI KELAS X DI SMK N 2 CIREBON

RIRIN WIDYAWATI, (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI EKONOMI KELAS X DI SMK N 2 CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIRIN WIDYAWATI_59440965_ok-min.pdf

Download (651kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

RIRIN WIDYAWATI : ”Pengaruh Strategi Pembelajaran Outdoor Study terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Materi Ekonomi Kelas X Di SMK N 2 Cirebon‟‟ Pada dasarnya setiap siswa menghendaki proses pembelajaran yang menyenangkan dan hasil belajar yang baik. Menurut penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti, bahwa ketika guru IPS menggunakan strategi pembelajaran konvensional masih ada hasil belajar siswa yang belum memenuhi KKM sebesar 70. Oleh karena itu dengan strategi pembelajaran Outdoor Study yang diterapkan oleh guru IPS materi Ekonomi pada Sub pokok bahasan “kebutuhan manusia” diharapkan mampu mengatasi kelemahan-kelemahan yang melekat pada pembelajaran klasik atau konvensional sehingga hasil belajar siswa dapat memenuhi KKM dan dapat membantu dalam meningkatkan kreatifitas, keaktifan, dan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang penerapan strategi pembelajaran Outdoor Study pada mata pelajaran IPS Materi Ekonomi Kelas X di SMK N 2 Cirebon, memperoleh data tentang hasil belajar siswa, dan menganalisis pengaruh antara keduanya. Penelitian ini bertitik tolak pada alur pemikiran peneliti bahwa penerapan strategi pembelajaran Outdoor Study dapat meningatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Materi Ekonomi Kelas X di SMK N 2 Cirebon pada sub pokok kebutuhan manusia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan empirik. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X Jasa Boga 1 di SMK N 2 Cirebon, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan teknik dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran Outdoor Study pada mata pelajaran IPS materi Ekonomi kelas X di SMK N 2 Cirebon mendapat respon dengan alternatif jawaban positif sebesar 79,96% dan alternatif jawaban negatif sebesar 73,30% dalam kategori baik. Hasil belajar siswa dalam penerapan strategi pembelajaran Outdoor Study mata pelajaran IPS materi Ekonomi sebesar 80,60 dalam kategori baik. Hasil uji korelasi diperoleh nilai rhitung = 0,76 dalam kategori korelasi kuat atau tinggi dan positif. Dan berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 6,195, sedangkan ttabel = 2,048 karena thitung ≥ ttabel maka Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara strategi pembelajaran Outdoor Study terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran IPS materi Ekonomi di SMK N 2 Cirebon adalah nyata pada taraf signifikan 95% (taraf kesalahan 5%). Hasil uji regresi linier adalah Fhitung = 40,35 dan Ftabel = 4,20 dimana Fhitung ≥ Ftabel , maka tolak Ho artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran Outdoor Study terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran IPS materi Ekonomi di SMK N 2 Cirebon.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 01:59
Last Modified: 15 Mar 2017 01:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item