EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN IPS DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI PESERTA DIDIK MTs NEGERI 04 CIREBON KABUPATEN CIREBON

Maulidiya, (2021) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN IPS DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI PESERTA DIDIK MTs NEGERI 04 CIREBON KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB) | Preview

Abstract

Pada bidang pendidikan di masa pandemi Covid-19 ini membaharui sistem pembelajaran secara drastis yang membatasi interaksi secara langsung. Pembelajaran yang dilakukan di rumah masing-masing atau secara daring (online) guru harus mempunyai strategi dalam proses pembelajaran daring pada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran daring yang guru diterapkan di MTs Negeri 04 Cirebon Kabupaten Cirebon, mengetahui hasil belajar siswa dari diterapkannya pembelajaran daring, dan mengetahui tingkat efektivitas pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa di MTs Negeri 04 Cirebon Kabupaten Cirebon. Penerapan kegiatan pembelajaran daring yang dilakukan di MTs Negeri 04 Cirebon Kabupaten Cirebon ini sangat baik dalam proses kegiatan pembelajaran-nya dan hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa proses yang dilakukan oleh guru mata pelajaran IPS sudah cukup baik. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam mendapatkan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisisnya diawali pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sedangkan untuk menganalisis hasil belajar peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif. Kesimpulan yang didapatkan pada penelitian ini adalah: 1) Strategi yang digunakan pada proses pembelajaran di saat pandemi Covid-19 menggunakan strategi daring dan luring; 2) Hasil belajar siswa yang diperoleh sebelum pandemi Covid-19 dilihat dari nilai kognitif siswa yang didapatkan nilai rata-rata 84,5 di kelas VIII A dengan jumlah siswa 28, nilai rata-rata yang didapatkan 85,75 di kelas VIII B dengan jumlah siswa 28, dan nilai rata-rata yang didapatkan 79,46 di kelas VIII C dengan jumlah siswa 38, hasil belajar siswa yang diperoleh sangat baik. Dan hasil belajar yang dilakukan pada saat pandemi Covid-19 menurun hingga 30%, dapat dilihat dari nilai kognitif siswa yang didapatkan nilai rata-rata 78,57 di kelas VIII A, nilai rata-rata yang didapatkan 78,82 di kelas VIII B, dan nilai rata-rata yang didapatkan 66,39 dikelas VIII C; 3) Dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang diatas bahwa hasil belajar siswa sebelum adanya pandemi Covid-19 sangat baik, dan hasil belajar siwa pada saat pandemi Covid-19 menurun hingga 30%, dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran daring yang dilakukan kurang efektif berdasarkan dari nilai rata-rata yang diperoleh oleh siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, Covid-19
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 02:56
Last Modified: 09 Dec 2022 05:38
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8588

Actions (login required)

View Item View Item