KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN ADMINISTRASI PENGAJARAN DI MTs MANBA’UL ‘ULUM DESA SILEBU KEC. PANCALANG KAB. KUNINGAN

RIKA MUSTIKA HATI, (2013) KOMPETENSI GURU DALAM MELAKSANAKAN ADMINISTRASI PENGAJARAN DI MTs MANBA’UL ‘ULUM DESA SILEBU KEC. PANCALANG KAB. KUNINGAN. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
RIKA MUSTIKA HATI_59440830_(kata pengantar tidak ada)-min.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

RIKA MUSTIKA HATI, NIM (59440830) : Kompetensi Guru Dalam Melaksanakan Administrasi Pengajaran Di MTs Manba’ul ‘ulum Silebu Kecamatan Pancalang Kabupaten Kuningan. Administrasi pengajaran adalah hal yang sangat penting di lakukan guru sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran. Administrasi pengajaran dapat membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat tersusun, terarah, efektif dan efisien. Kompetensi guru dibutuhkan dalam pelaksanaan administrasi pengajaran, karena keberhasilan pembelajaran dapat dipengaruhi oleh kompetensi yang dimiliki guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran yang jelas dan rinci tentang, 1), pemahaman guru terhadap administrasi pengajaran, 2), pelaksanaan administrasi pengajaran yang dilakukan guru, dan 3), keberhasilan guru dalam melaksanakan administrasi pengajaran. Kompetensi yang dimiliki guru dapat berpengaruh terhadap komponenkomponen kegiatan pengajaran, khususnya pelaksanaan administrasi pengajaran. Pelaksanaan administrasi pengajaran yang dilakukan guru akan berhasil, manakala program-program pengajaran yang dilakukan guru dilaksanakan dengan baik. Program pengajaran yang dilakukan guru akan berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksanaan administrasi pengajaran. Dan keberhasilan pelaksanaan administrasi pengajaran berdampak pula terhadap pencapaian tujuan pengajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tiga teknik pengumpulan data, yaitu : Observasi Partisipasi (Participant Observation), Wawancara Mendalam (In-depth Interview), dan Studi Dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pertama dengan melakukan analisis data selama pengumpulan data yaitu dengan melakukan kegiatan member check, triangulasi, dan audit trail sehingga mendapatkan sumber data yang sama. Kedua analisis data setelah pengumpulan data. Hasil yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah 1), kompetensi guru di MTs Manba‟ul „ulum Silebu dalam memahami administrasi pengajaran sudah cukup baik. 2), pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru-guru MTs Manba‟ul „ulum Silebu dapat dipengaruhi oleh administrasi pengajaran yang telah dibuat dan direncanakan. 3), keberhasilan administrasi pengajaran dapat dilihat dengan menggunakan test formatif, test subsumatif dan test sumatif, yang bertujuan untuk mengetahui daya serap siswa terhadap materi pembelajaran, dan secara emipirik keberhasilan guru MTs Manba‟ul „ulum Silebu dalam melaksanakan administrasi pengajaran sudah cukup berhasil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:01
Last Modified: 15 Mar 2017 02:01
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/859

Actions (login required)

View Item View Item