PENGARUH PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM TERPADU ( IT ) AL-MUHSININ DESA MANDALA KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON

Watnia, (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN IPS BERBASIS ONLINE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMP ISLAM TERPADU ( IT ) AL-MUHSININ DESA MANDALA KECAMATAN DUKUPUNTANG KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Masa pandemi yang terjadi saat ini tak mengubah intensitas pembelajaran di sekolah, berbagai upaya dilakukan agar pembelajaran tidak terputus di tengah jalan. Salah satunya adalah pembelajaran online, Pembelajaran online dilakukan untuk menanggulangi proses pembelajaran di masa pandemi, diharapkan dapat menjadi alternatif pendidikan agar proses pembelajaran tidak terputus. Pembelajaran IPS Berbasis Online ini diharapkan membantu siswa dalam proses kegiatan belajar di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran online yang berlaku pada mata pelajaran IPS di SMP IT Al�Muhsinin (2) Mengetahui prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah menggunakan pembelajaran berbasis online (3) Mengetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran IPS berbasis Online terhadap Prestasi Belajar siswa di SMP IT Al-Muhsinin. Prestasi belajar siswa didapatkan melalui serangkaian proses pembelajaran yang kemudian diujikan dalam sebuah tes, hasil dari tes yang berupa angka dijadikan acuan pengukur prestasi siswa. Masa krisis ini tak menghalangi penggiat pendidikan untuk dapat melakukan tolak ukur keberhasilan pembelajaran. Pembelajaran online sebagai jembatan agar siswa tetap bisa mengenyam pendidikan dan tetap bisa melakukan evaluasi hasil akhir. Dengan demikian prestasi belajar masih bisa didapatkan tanpa mengurangi sedikitpun entitasnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain expo facto. Dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS untuk menghitung data pada penelitian ini yang diukur melalui angket. Selain itu ada data penunjang yang di dapat melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu uji prosentase, uji normalitas, uji homogenitas, uji koefesien korelasi, uji determinasi, uji regresi linear sederhana dan uji hipotesis. Hasil analisis penelitian ini menjelaskan bahwa. Skala prosentase angket pembelajaran IPS berbasis online berada pada kategori baik yaitu 74,32%, serta hasil UTS siswa setelah menggunakan pembelajaran online berada pada nilai rata-rata 62,45 yang berada pada kategori nilai cukup. Selanjutnya, angka korelasi sebesar 0,424 ( korelasi cukup atau sedang) dan nilai thitung 3,711 > ttabel 1,66 pada taraf signifikansi 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran IPS berbasis online dengan prestasi belajar siswa di SMP IT Al-Muhsinin.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPS berbasis online, prestasi belajar, SMP IT Al-Muhsini
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:08
Last Modified: 09 Dec 2022 05:52
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8592

Actions (login required)

View Item View Item