PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR FACEBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP N 1 GEMPOL KABUPATEN CIREBON

Indriani Rachmawati, (2021) PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA BELAJAR FACEBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP N 1 GEMPOL KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (172kB) | Preview

Abstract

Berbagai upaya dilakukan guru dalam proses pembelajaran melalui media facebook yang diharapkan siswa dapat belajar seiring dengan memutus rantai persebaran covid-19. Namun demikian dalam realitas disinyalir belum disertai dengan hasil belajar siswa yang memuaskan. Pada sebagian siswa masih menunjukkan prestasi yang rendah. Hasil yang diperoleh masih di bawah kriteria ketuntasan minimal 7,5 bahkan selain prestasi belajar siswa yang belum memuaskan menunjukan pula adanya motivasi belajar yang tidak diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pemanfaatan media belajar facebook dalam pelajaran IPS di SMP N 1 Gempol Kabupaten Cirebon, 2) mengetahui hasil belajar siswa dengan pemanfaatan media belajar facebook dalam pelajaran IPS di SMP N 1 Gempol Kabupaten Cirebon, dan 3) mengetahui lebih jauh pengaruh pemanfaatan media facebook terhadap hasil siswa di SMP N 1 Gempol Kabupaten Cirebon. Guru dapat memanfaatkan media teknologi dan melakukan proses belajar tanpa terikat oleh factor ruang dan waktu. Perkembangan teknologi informasi juga telah menghasilkan ragam dan variasi jumlah media yang berisi aneka informasi dan pengetahuan yang dapat di pelajari. Siswa dan guru bisa memakai media facebook. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, tetapi mendukung hasil tersebut digunakan pula metode kualitatif. Populasi target adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP N 1 Gempol Tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 60 siswa, sedangkan pengambilan sampel sebanyak 31 siswa menggunakan cluster sampling, variabel dalam penelitian ini adalah pemanfaatan media belajar facebook (X) dan hasil belajar siswa (Y). Adapun teknik pengumpulan datanya dengan angket, dokumentasi, observasi. Teknik analisis yang digunakan yaitu Dengan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa skala prosentase angket pemanfaatan media belajar facebook berada pada kategori cukup baik yaitu 50,23% serta hasil UAS siswa berada pada nilai rata-rata 57,39 yang berada kategori Kurang baik. Selanjutnya, angka korelasi deterninasi R Square 0,301 dari koefisien kolerasi (0,549) artinya kontribusi pemanfaatan media belajar facebook terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP N 1 Gempol Kabupaten Cirebon sebesar 30,1% sisanya 69,9% dijelaskan oleh factor lain (korelasi cukup atau sedang) dan thitung 3,538 > ttabel 1,699 pada taraf signifikan 0,05. Maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media facebook dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP N 1 Gempol Kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media Belajar, Facebook, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:13
Last Modified: 09 Dec 2022 05:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8594

Actions (login required)

View Item View Item