EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTs NU PUTRA 2 BUNTET PESANTREN KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON

Mukhammad Hasanudin, (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI MTs NU PUTRA 2 BUNTET PESANTREN KECAMATAN ASTANAJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (739kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang sering dihadapi oleh guru khususnya guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MTs Nu Putra 2 Buntet Pesantren mengenai penggunaan LKS yaitu guru harus pandai menjelaskan materi tertulis yang ada dalam LKS. Guru tidak menyiapkan buku referensi lain yang sesuai dengan materi dan menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan penggunaan LKS Siswa kelas VIII A. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penggunaan LKS sebagai bahan ajar pembelajaran IPS kelas VIII A di MTs Nu Putra 2 Buntet Pesantren juga untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar lembar kerja siswa dalam pembelajaran IPS kelas VIII A di MTs Nu Putra 2 Buntet Pesantren dan Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan bahan ajar LKS dalam menghasilkan pembelajaran IPS kelas VIII A di MTs Nu Putra 2 Buntet Pesantren kecamatan Astanajapura kabupaten Cirebon. Kerangka pikir pembelajaran merupakan kegiatan yang disengaja direncanakan dirancang oleh guru untuk membantu mempelajari menggali suatu kemampuan yang terdapat pada diri siswa atau belajar nilai yang baru dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang diinginkan. LKS pun memiliki kelebihan dan kekurangan nya seperti memiliki kelebihan: Merupakan media yang paling mudah dapat dipelajari di mana saja dan kapan saja tanpa harus menggunakan alat khusus. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif. Untuk mendapatkan hasil dengan menggambarkan kondisi di lapangan secara apa adanya maka peneliti menggunakan teknis pengumpulan data yaitu: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Serta menggunakan analisis data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, 1) penggunaan bahan ajar LKS tersebut dikatakan baik dilihat dari indikator LKS yaitu mampu mencpai tujuan pembelajaran IPS dengan menggunakan LKS, 2) hasil dari penelitian dari penggunan bahan ajar LKS setiap pembelajaran IPS sangat efektif dilihat dari indikatornya yaitu ketuntasan yang mencapai nilai di atas KKM (75), 3) adanya faktor pendukung seperti siswa aktif mempersiapkan diri sebelum proses belajar mengajar, selain itu terdapat faktor penghambat seperti kurangnya metode dalam proses pembelajaran karena yang digunakan hanya merode ceramah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Bahan ajar, Lembar Kerja Siswa (LKS)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Analisa Bahan Ajar
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:42
Last Modified: 09 Dec 2022 05:43
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8602

Actions (login required)

View Item View Item