PENGARUH PENERAPAN METODE WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SURANENGGALA KECAMATAN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON

Sri Anisah, (2021) PENGARUH PENERAPAN METODE WHOLE BRAIN TEACHING TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SURANENGGALA KECAMATAN SURANENGGALA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
cover sd daftar isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan metode Whole Brain Teaching ini masih kurang optimal dalam pengaplikasiannya pada pembelajaran mata pelajaran IPS. Masih terdapat langkah-langkah metode Whole Brain Teaching yang belum sepenuhnya siswa dapat mengikutinya. Belum semua siswa berani dalam memberikan pendapat dan bertanya pada proses pembelajaran. Metode Whole Brain Teaching adalah metode pembelajaran yang berbasis permainan menghadirkan suasana pembelajaran yang menyenangkan namun sering kali keadaan kelas kurang terkontrol, siswa masih ramai setelah guru menginstruksikan kata yang harus diikuti oleh siswa sehingga hal tersebut menjadikan suasana pembelajaran masih kurang kondusif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Whole Brain Teaching, untuk mengetahui minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII, dan mengetahui seberapa besar pengaruh metode Whole Brain Teaching terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Suranenggala Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon. Kerangka berpikir pada penelitian ini adalah metode Whole Brain Teaching ini lebih menekankan pada belajar sambil bermain, dimanasiswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga diharapkan siswa tidak merasakan penyakit belajar seperti bosan, mengantuk, jenuh, kurang pemahaman dan kurangnya ketertarikan akan proses pembelajaran. Ketika proses pembelajaran, maka siswa dapat memiliki ketertarikan atau minat untuk belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian ex post facto. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Suranenggala Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon.Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 38 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive nonrandom sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji prosentase, uji normalitas, uji linieritas, uji korelasi, regresi liniear sederhana, dan uji hipotesis dengan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa skala prosentase angket metode Whole Brain Teaching berada pada kategori baik sekali yakni sebesar 76,78% dan skala prosentase angket minat belajar siswa berada dalam kategori baik sekali yakni 75,61%. Selanjutnya dari hasil uji korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,921dengan taraf signifikansi 0,000 terdapat hubungan yang sangat kuat. Berdasarkan hasil uji hipotesis koefisien regresi (Sig.2-tailed) 0,00 ˂ 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara metode Whole Brain Teaching terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 1 Suranenggala Kecamatan Suranenggala Kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Metode, Whole Brain Teaching, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Model Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:03
Last Modified: 09 Dec 2022 05:50
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8608

Actions (login required)

View Item View Item