PERBANDINGAN PRESTASIBELAJARIPS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN GAYA BELAJAR VISUAL DENGAN SISWA YANG MENGGUNAKAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DI SMP NEGERI 13 KOTA CIREBON

PARTINI, (2013) PERBANDINGAN PRESTASIBELAJARIPS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN GAYA BELAJAR VISUAL DENGAN SISWA YANG MENGGUNAKAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DI SMP NEGERI 13 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
PARTINI_59440828_ok-min.pdf

Download (735kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

PARTINI : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR IPS ANTARA SISWA YANG MENGGUNAKAN GAYA BELAJAR VISUAL DENGAN SISWA YANG MENGGUNAKAN GAYA BELAJAR KINESTETIK DI SMP NEGERI 13 KOTA CIREBON. Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan proses belajar adalah cara belajar / gaya belajar siswa. Gaya belajar setiap siswa berbeda-beda. Lain ladang, lain ikannya. Lain orang, lain pula gaya belajarnya. Pepatah tersebut memang pas untuk menjelaskan fenomena bahwa tak semua orang punya gaya belajar yang sama. Termasuk apabila mereka bersekolah di sekolah yang sama atau bahkan duduk di kelas yang sama. Pada penelitian ini dibatasi pada visual dan kinestetik. Perbedaan antara siswa visual dan siswa kinestetik dalam memahami mata pelajaran IPS mempengaruhi prestasi belajar yang diperoleh. Secara teoritis siswa visual dianggap akurat dalam pembelajaran IPS tetapi di lapangan secara pengajaran IPS yang diterapkan lebih pada cara belajar kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prestasi belajar siswa visual maupun siswa kinestetik yang kemudian hasil rata-rata keduanya akan dibandingkan untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar IPS antara keduanya. Salah satu cara agar siswa mudah dalam melakukan aktivitas belajar adalah dengan mengetahui metode belajar yang baik. Metode belajar yang mesti dikuasai oleh siswa diantaranya adalah mengetahui gaya belajar yang dimiliki oleh siswa itu sendiri, sehingga prestasi belajar lebih mudah dan efektif dilakukan. Dengan mengetahui metode yang tepat kita dapat mengetahui gaya belajar mana yang lebih baik diterapkan dalam memahami IPS yang cenderung abstrak. Berdasarkan hal diatas, penulis terdorong untuk mengetahui perbandingan prestasi belajar IPS antara siswa visual dengan siswa kinestetik di SMP Negeri 13 Kota Cirebon tahun pelajaran 2012/2013. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan random sampling dan terpilih kelas VII B dan VII C sebanyak 82 siswa. Kelas VII C adalah kelas eksperimen sedangkan kelas VII B adalah kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, dokumentasi, dan tes. Prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri 13 Kota Cirebon yang menggunakan gaya belajar kinestetik lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan gaya belajar visual. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil perhitungan bahwa nilai pvalue = 0,001 ,  = 0,05 maka dengan level  lebih besar dari pada p-value (0,05 > 0,001) mengidentifikasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang menggunakan gaya belajar visual dengan siswa yang menggunakan gaya belajar kinestetik, yang bisa dilihat rata-rata kelas eksperimen 71,71 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memiliki rata-rata 60,37.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:05
Last Modified: 15 Mar 2017 02:05
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item View Item