Pengaruh Kecerdasaan Emosional Siswa terhadap Interaksi Sosial siswa kelas VIII di SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon

Aninda Fidiya Sari, (2021) Pengaruh Kecerdasaan Emosional Siswa terhadap Interaksi Sosial siswa kelas VIII di SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Kecerdasan emosi merujuk kepada kemampuan mengenali perasaan diri sendiri dan perasaan seseorang, kemampuan memotivasi diri sendiri dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain. Pada studi awal ditemukan bahwa siswa tidak dapat mengelola emosi dengan baik, suka berkata kasar sehingga dapat berpenggaruh terhadap kegiatan berinteraksi siswa dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kecerdasaan emosional siswa, interaksi sosial siswa serta mengetahui tentang seberapa besar pengaruh kecerdasaan emosional siswa terhadap interaksi sosil siswa kelas VIII di SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon. Kecerdasaan emosional merupakan kemampuan lebih dimiliki oleh seseorang dalam memotivasi diri, ketahanan dalam menghadapi kegagalan, mengendalikan emosi dan menunda kepuasan, serta mengatur keadaan jiwa. Interaksi sosial merupakan hubungan yang terjadi antara dua orang atau lebih, dimana diantara individu yang satu dengan individu yang lainnya saling mempengaruhi terjadinya hubungan timbal balik dan disertai adanya kontak sosial dan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok variabel yaitu variabel X (kecerdasaan emosional ) serta variabel Y (interaksi sosial ). Populasi penelitianya adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 2 Gunung Jati dengan jumlah yang dipilih secara random sampling, sehingga sampelnya yaitu 38 responden. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, normalitas dan determinan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) tingkat kecerdasaan emosional siswa dari 38 responden kelas VIII yaitu 79,44 termasuk cukup dengan nilai tengah 81 dan nilai yang sering muncul yaitu 77 (2) tingkat interaksi sosial siswa dari 38 responden kelas VIII yaitu 81,86 termasuk baik dengan nilai tengah 80,05 dan nilai yang sering muncul yaitu 85 (3) dari uji normalitas diperoleh hasil Asymp.sig sebesar 0,064 oleh karena itu 0,064 >0,05 maka data tersebut tidak signifikan, sehingga dapat disimpulkan data tersebut berasal dari populasi yang normal (4) nilai sig sebesar 0,001, oleh sebab itu, karena 0,001<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima (5) Hasil uji determinasi yaitu 38,8% artinya pengaruh kecerdasaan emosional terhadap interaksi sosial sebesar 38,8% (6) hasil correlation sebesar 0,497 sedangkan rtabel dari 38 responden yaitu 3,20 sehingga 0,497 > 0,320 dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara kecerdasaan emosional terhadap interaksi sosial siswa kelas VIII di SMPN 2 Gunung Jati Kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan, Emosional, Interaksi Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 09 Dec 2022 04:09
Last Modified: 09 Dec 2022 05:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8610

Actions (login required)

View Item View Item