PENGARUH PENGGUNAAN METODE COOPERATIF LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS GEOGRAFI KELAS VIII DI MTs. SALAFIYAH SYAFI’IYAH BABAKAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON

PARIKHATUN, PENGARUH PENGGUNAAN METODE COOPERATIF LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS GEOGRAFI KELAS VIII DI MTs. SALAFIYAH SYAFI’IYAH BABAKAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
PARIKHATUN_07440541_ok.pdf

Download (770kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

PARIKHATUN :” Pengaruh Penggunaan Metode Cooperatif Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VIII di MTs. Salafiyah Syafi’iyah Babakan Ciwaringin Kabupaten Cirebon”. Metode adalah cara yang diatur dan berpikir baik-baik untuk mencapai maksud. Dalam kegiatan pembelajaran salah satu yang perlu dilakukan oleh guru adalah mengembangkan metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dalam proses belajar mengajar pemilihan metode yang tepat sangat diperlukan, sehingga dapat menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data tentang penerapan dan aplikasi metode coopertif learning pada mata pelajaran IPS geografi di MTs. Salafiyah Syafi’iyah Babakan Ciwaringin. Untuk mengetahui informasi tentang pengaruh penggunaan metode cooperative learning sebelum dan sesudah penerapan metode cooperatif learning di MTs. Salafiyah Syafi’iyah Babakan Ciwaringin Belajar merupakan suatu kegiatan yang mengakibatkan terjadi perubahan, namun terjadinya perubahan itu tidak bisa lepas dengan hal yang diperankan oleh guru yang mengajar. proses pengajaran memegang peranan penting untuk mencapai tujuan pengajaran yang efektif adalah interaksi guru dengan siswa. Mengingat kedudukan siswa sebagai obyek dan sekaligus sebagai subyek dalam pengajaran, maka inti proses pengajaran tidak lain adalah kegiatan belajar siswa dan kegiatan mengajar guru dalam mencapai suatu tujuan pengajaran. Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah dengan menelaah buku-buku ilmiah serta mengadakan studi langsung kelapangan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket, observasi, wawancara, dan studi kepustakaan. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengaruh penggunaan metode cooperative learning siswa kelas VIII di MTs Safiyah Safi’iyah sebelum penggunakan metode cooperative learning tergolong dalam kategori baik yaitu sebesar 74,76.Pengaruh penggunaan metode cooperative learning siswa kelas VIII di MTs Safiyah Safi’iyah sesudah penggunakan metode cooperative learning tergolong dalam kategori baik dengan rata-rata 78,30. Berdasarkan hasil uji hipotesis dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebesar 3,54.Pengaruh penggunaan metode cooperative learning siswa kelas VIII di MTs Salafiyah Safi’iyah pada nilai ulangan harian sebelum dan sesudah menggunakan metode cooperative learning.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:07
Last Modified: 15 Mar 2017 02:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item View Item