PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SUSUKANLEBAK

OLAN IRWANDI, (2013) PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SUSUKANLEBAK. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
OLAN IRWANDI_59440915_ok-min.pdf

Download (830kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

OLAN IRWANDI : PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 SUSUKANLEBAK Perpustakaan merupakan lembaga yang menghimpun pustaka dan menyediakan sarana bagi orang untuk memanfaatkan koleksi pustaka tersebut. Perpustakaan dikelola oleh petugas perpustakaan yang melaksanakan kegiatan perpustakaan dengan jalan memberikan pelayanan kepada siswa sesuai dengan tugas lembaga induknya berdasarkan ilmu perpustakaan, dokumentasi dan informasi yang dimilikinya melalui pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Susukanlebak. Pemanfaatan perpustakaan mempunyai manfaat sebagai sumber belajar sangatlah penting untuk penunjang proses pembelajaran siswa sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal. Dalam sistem pembelajaran, perpustakaan merupakan salah satu komponen yang saling terkait dengan komponen lainnya untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran. Bahan-bahan yang terdapat dalam perpustakaan tersebut perlu ditingkatkan pendayagunaannya agar kegiatan belajar dapat berjalan dengan lancar dan menghasilkan mutu yang diharapkan. Dengan demikian mengenal dan mempergunakan perpustakaan secara efektif dan efisien merupakan syarat mutlak yang harus dilakukan oleh siswa, karena tidak semua buku referensi yang diperlukan dan dianjurkan dalam menghadapi proses belajar dimiliki oleh siswa. Prosedur yang ditempuh dalam penelitian ini adalah penulis melakukan penelitian awal. Untuk mengetahui masalah, kemudian menyusun proposal penelitian, dan pelaksanaan penelitian dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, angket dan studi dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang diperoleh bahwa pemanfaatan perpustakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 1 Susukanlebak Kabupaten Cirebon dirasa cukup baik. Ini termasuk kategori baik karena persentase yang didapat lebih dari persentase cukup yaitu 55 % - 74 % dan selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:09
Last Modified: 15 Mar 2017 02:09
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/863

Actions (login required)

View Item View Item