PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, MENYENANGKAN DAN BERBOBOT (PAIKEM BERBOBOT )TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MAN CIREBON 1 KAB. CIREBON

MOH. ZAM ZAMI, (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AKTIF, INOVATIF, KREATIF, MENYENANGKAN DAN BERBOBOT (PAIKEM BERBOBOT )TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI MAN CIREBON 1 KAB. CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MOH ZAM ZAMI_07440536_ok-min.pdf

Download (643kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

MOH. ZAM ZAMI : Pengaruh Model Pembelajaran Pendidikan Aktif, Inovatif, Kreatif, Menyenangkan Dan Berbobot (PAIKEM BERBOBOT )Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di MAN Cirebon 1 Kab. Cirebon Proses pembelajaran di sekolah, memerlukan metode yang tepat sehingga dapat menentukan keberhasilan dalam mencapai tuujuan pembelajaran karena dalam kegiatan belajar mengajar, metode menepati peranan yang tidak kalah dari komponen-komponen lainnya. Salah satu faktor yang dapat memepengaruhi keberhasilan suatu pembelajaran adalah metode yang digunakan seorang guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang (1)penggunaan model PAIKEM BERBOBOT, (2) prestasi belajar siswa dan (3) pengaruh model PAIKEM BERBOBOT terhadap prestasi belajar siswa di MAN Cirebon 1 Kabupaten Cirebon. Sebagai kerangka pemikiran, penggunaan model PAIKEM BERBOBOT (pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, gembira dan berbobot) adalah sebuah program atau model pembelajaran terpadu yang berfungsi untuk meningkatkan mutu dan efesiensi pengelolaan pendidikan dengan mengembangkan praktik yang sudah ada. Maka dari itu peranan guru dalam membentuk anak untuk berprestasi dengan keaktifan dari guru dalam penyampaian materi sehingga bisa membuat anak menjadi lebih kritis dan penasaran akan materi yang seterusnya, peranan bukan hanya dimiliki guru tetapi murid sebagai subjek, harus adanya kerjasama yang baik antara keduanya. Metode penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif deskritif yaitu penelitian lapangan di MAN Cirebon 1 kabupaten Cirebon , sedangkan teknik pengumpulan data dengan observasi, studi dokumentasi, wawancara, dan angket panelitian. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk mengetahui kesahihan dan kehandalan angket penelitian sehingga layak untuk digunakan. Penelitian ini bersifat empirik dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 243 siswa dan sampelnya 30 siswa. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitian diperoleh data tentang penggunaan model pembelajaran PAIKEM BERBOBOT sebesar 55% dengan kriteria cukup baik, yang artinya kuat dan respon terhadap prestasi belajar siswa sebesar 71.5. Sedangkan pengaruh penggunaan model pembelajaran PAIKEM BERBOBOT terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,65 serta nilai thitung sebesar 1,70. Nilai rhitung sebesar 0,65 tersebut berada pada rentang 0,40-0,70 yang berati menunjukan pengaruh yang cukup atau sedang dari pengaruh model PAIKEM GEMBROT terhadap prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:24
Last Modified: 15 Mar 2017 02:24
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/864

Actions (login required)

View Item View Item