PENERAPAN KONSEP MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH HUBUNGANNYA DENGAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs AL – IKHLAS LIMBANGAN LOSARI BREBES

MUH. ABDUL AZIZ ALI R, (2013) PENERAPAN KONSEP MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH HUBUNGANNYA DENGAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs AL – IKHLAS LIMBANGAN LOSARI BREBES. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
MUH ABDUL AZIZ ALI R_59440823_ok-min.pdf

Download (584kB) | Preview
Official URL: http://repository.syekhnurjati.ac.id

Abstract

MUH. ABDUL AZIZ ALI R, (59440823). Penerapan Konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) Hubungannya dengan Mutu Pendidikan, Skripsi, Program Studi Ilmu Pendidikan Sosial, Fakultas Tarbiyah IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pendidikan yang berkualitas merupakan syarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan nasional, dengan demikian pendidikan akan mencetak sumber daya manusia yang unggul dan mampu bersaing. Banyak upaya pemerintah dalam menigkatkan mutu pendidikan, antara lain dengan adanya otonomi daerah atau desentralisasi yang dalam dunia pendidikan menghasilkan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS). Skripsi ini membahas mengenai MBS dalam sebuah lembaga pendidikan, yakni berkaitan dengan Penerapan MBS dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Al-Ikhlas Limbangan Losari Brebes. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MTs Al-Ikhlas, untuk mengetahui seberapa besar mutu pendidikan di MTs Al-Ikhlas, dan untuk mengetahui sejauhmana hubungan antara penerapan Konsep Manajemen Berbasis Sekolah dengan Mutu Pendidikan di MTs Al-Ikhlas. Dalam kerangka pemikiran penelitian ini Manajemen Berbasis Sekolah bertujuan untuk membuat sekolah dapat lebih mandiri dalam memberdayakan sekolah melalui pemberian kewenangan (otonomi), fleksibilitas yang lebih besar terhadap sekolah dalam mengelola sumber daya dan mendorong partisipasi warga sekolah dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan, sehingga mencapai target yang telah yang telah disepakati bersama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: Metode observasi pada objek penelitian memberikan banyak kontribusi dalam penelitian ini, wawancara dengan kepala sekolah, study dokumentasi dan dengan menyebarkan kuesioner kepada responden untuk dapat mencapai hasil yang akurat sehingga hasilnya dapat dipertanggungjwabakan. Berdasarkan analisi deskriptif persentasi diketahui bahwa Konsep Manajemen Berbasis Sekolah di MTs Al – Ikhlas Limbangan Losari Brebes termasuk dalam kategori sangat kuat yaitu 93,8%. Berdasarkan analisa data, diperoleh asil uji korelasi dimana nilai r hitung sebesar 0,875 nilai ini menunjukan adanya korelasi yang kuat atau tinggi. Dari hasil Koefisien Determinasi diperoleh nilai sebesar 76,5% yang berarti bahwa penerapan konsep manajemen berbasis sekolah dapat menjelaskan keragaman mempengaruhi Mutu Pendidikan di MTs Al – Ikhlas Limbangan Losari Brebes sebesar 76,5%, sedangkan sisanya 23,5% persen di jelaskan oleh variable lain. Dari uji t diperoleh bahwa thitung > ttabel yaitu 6,751 > 1,78 artinya signifikan. Signifikan disini berarti Ha diterima dan Ho ditolak, artinya Adanya hubungan antara penerapan konsep manajemen berbasis sekolah dengan mutu pendidkian di MTs Al – Ikhlas Limbangan Losari Brebes pada taraf signifikan 95% dan taraf kesalahan 5%. Kata kunci : Hubungan, MBS, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 15 Mar 2017 02:34
Last Modified: 15 Mar 2017 02:34
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/865

Actions (login required)

View Item View Item