Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis E-Learning Dalam Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 18 Kota Cirebon

Ainun Wiliyanti, (2022) Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis E-Learning Dalam Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 18 Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (257kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa dalam pembelajaran para guru di SMP Negeri 18 Kota Cirebon telah berupaya mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis e�learning, akan tetapi dalam penerapannya masih belum mendapatkan respon yang positif sehingga perlu pengembangan lebih lanjut untuk menghasilkan bahan ajar yang lebih inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk memahami tahap-tahap yang dilakukan pada pengembangan bahan ajar interaktif berbasis e-learning pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 18 Kota Cirebon, mengetahui respon peserta didik terhadap pengembangan bahan ajar interaktif berbasis e-learning dalam mata pelajaran IPS, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis e-learning pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 18 Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development dengan desain penelitian 4 D (Define, Design, Develop, Dissaminate). Pengumpulan data dilakukan melalu tahap observasi, wawancara, pembagian angket validasi produk, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui validasi ahli dan uji coba produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tahap validasi pertama diperoleh skor rata - rata sebesar 2,4 yang tergolong pada rentang 1,76< x ≤ 2,51 (kurang valid) untuk validasi ahli materi, adapun hasil validasi ahli media pada tahap 1 menunjukkan skor rata - rata sebesar 2.9 yang tergolong pada rentang 2,51,< x ≤ 3,2 (cukup valid), sesuai dengan perolehan hasil validasi tersebut dilakukan validasi tahap 2. Hasil dari validasi tahap 2 diperoleh skor rata - rata sebesar 3,4 yang tergolong dalam rentang 3,26 < x ≤ 4,00 (valid) untuk validasi ahli materi, adapun pada validasi ahli media diperoleh skor rata - rata 3,5 tergolong dalam rentang 3,26 < x ≤ 4,00 (valid). Dalam uji coba produk respon peserta didik menunjukkan skor rata - rata sebesar 3,42 yang tergolong dalam kategori sangat menarik. Faktor pendukung dalam penelitian ini yaitu untuk mengembangkan produk ini dikarenakan proses pembelajaran daring yang dilakukan oleh pihak sekolah masih kurang berjalan dengan interaktif dan minimnya respon peserta didik. Adapun hambatan yang peneliti temui berkaitan dengan faktor keadaan serta faktor keterbatasan sarana yang dimiliki oleh peserta didik. Dengan demikian pengembangan bahan ajar interaktif berbasis e-learning pada mata pelajaran IPS telah melalui tahap validasi ahli dan pengujian produk sehingga telah dinyatakan valid untuk digunakan.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Bahan Ajar, Interaktif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Pengembangan Bahan Ajar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 19 Dec 2022 03:16
Last Modified: 19 Dec 2022 03:16
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/8662

Actions (login required)

View Item View Item